Saturday, December 16, 2017

HIPMAS Ucapkan Terimakasih Kepada Presiden Jokowi

MITRAPOL.com – Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Anak Asli Papua (Hipmas Papua) Hendrik Yance Udam berterimakasih kepada Presiden Republik Indonesia, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Papua yang telah memfasilitasi proses pengangkatan 14 kursi dari jalur adat.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Anak Asli Papua (Hipmas Papua) Hendrik Yance Udam (foto : Tabloid Jubi)

"Terima kasih kepada pemerintah baik pusat maupun provinsi yang telah memfasilitasi pengangkatan 14 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP). Pengangkatan tersebut telah sesuai dengan amanat Undang-Undang Otonomi Khusus (otsus) di Provinsi Papua," kata Hendrik kepada MITRAPOL.com melalui pesan singkatnya, Kamis (14/12/2017).

Hendrik menjelaskan, hal ini merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah Presiden RI Joko Widodo sebagai bagian dari implementasi poin-poin utama dalam amanat UU Otsus di Provinsi Papua. Sekalipun prosesnya memakan waktu yang cukup lama dan terjadi dinamika yang kencang.

"Namun akhirnya 14 orang anggota DPR dari jalur pengangkatan Otsus ini dilantik di gedung DPRD Papua dan disaksikan oleh seluruh rakyat Papua," ujarnya.

Yance mengungkapkan dengan kehadiran 14 kursi tersebut, juga sebagai sebuah kerja nyata antara pemerintah pusat dan daerah dalam pemantapan Papua dalam bingkai NKRI.

"Oleh sebab itu harapan kami sebagai rakyat Papua kepada putra putri terbaik anak asli Papua yang telah diangkat dari jalur Otsus juga merupakan utusan dari masyarakat adat Papua harus benar-benar menunjukkan kecintaanya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," terangnya.

Selain itu, tambah Hendrik, diharapkan 14 orang yang telah dilantik tersebut dalam tetap berkomitmen untuk memegang beberapa hal diantaranya :

1. Melaksanakan pokok-pokok pikiran utama UU Otsus antara lain terkait infrastruktur, ekonomi kerakyatan, pendidikan dan kesehatan harus lebih ditingkatkan lagi ketajamannya demi keberpihakan kepada rakyat Papua demi pemantapan Papua dalam bingkai NKRI

2. Berada di garda paling terdepan untuk dapat mensosialisasikan dan mengawal 4 pilar bangsa di tanah Papua yaitu NKRI sebagai bentuk final negara kita, UUD 1945 sebagai dasar negara kita, Pancasila sebagai ideologi negara kita, serta Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara kita. Karena 4 Pilar Kebangsaan tersebut tidak dapat otak-atik oleh siapa pun komponen anak bangsa di dalam NKRI. Untuk pelantikan 14 kursi dari perwakilan adat ini adalah merupakan konsolidasi nasional dan permanen pemantapan Papua dalam bingkai NKRI.

3. Membantu pemerintah pusat dan daerah untuk sedianya dapat menyelesaikan masalah persoalan-persoalan mendasar yang ada di tanah Papua demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Papua dalam bingkai NKRI.

4. Bekerjasama dengan anggota DPR Papua dari Jalur pengutusan Partai Politik untuk sedianya bersama-sama merumuskan kebijakan-kebijakan strategis dalam rangka kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Papua.

5. Setia terhadap sumpah dan janji pelantikan.

Reporter : herman heritage
Editor : andrey

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: