Wednesday, December 6, 2017

Festival Tradisi Silat Betawi Akan Digelar di Museum Kota Tua

MITRAPOL.com – Kota Tua Jakarta penuh dengan kenangan bersejarah untuk masyarakat Jakarta. Komunitas Brigade Anak Jakarta (BAJ) menggelar festival silat tradisi Betawi, yang akan di gelar dari tanggal 15-17 Desember 2017, di Museum Fatahillah, Kota Tua Jakarta, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.

Eky Pitung

Para Tokoh Masyarakat Betawi baik dari komunitas, lembaga dan unsur masyarakat lainnya akan ikut meramaikan acara festival tradisi silat betawi di ikuti dari berbagai ilmu bela diri seperti, Karate, Taekwondo dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), diselingi dengan seni budaya tradisional yang akan menambah kemeriahan suasana festival tradisi silat Betawi.

Pihak Panitia akan menggelar acara festival tersebut pada tanggal 15, 16, 17 Desember 2017. Persiapannya memang harus terencana secara matang dan kerjasama yang solid dengan semua pihak yang terlibat beserta para media yang mendukungnya.



Saat ditemui mitrapol.com, Ketua Umum Brigade Anak Jakarta, Eky Pitung menjelaskan areal museum taman Fatahila Kota Tua Jakarta ini memang tempat yang cocok untuk menggelar fastival seni budaya apapun, apalagi silat tradisi Betawi yang dikenal silat palang pintu.

“Jadi semua masyarakat bisa menonton langsung seni bela diri Betawi yang akan digelar selama tiga hari," ucap Eky.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini yang sudah terdaftar para pesilat-pesilat tangguh sebanyak 900 orang atau peserta dari berbagai perkumpulan silat, mungkin bisa lebih dari sekarang.

Masyarakat lokal dan kaum Betawi sangat menyambut baik penyelenggaraan acara tersebut dari beberapa masyarakat yang ditemui oleh MITRAPOL.com. Karena Kota Tua ini merupakan pelestarian seni budaya, situs-situs, sejarah, pahlawannya bahkan para ulamanya.



Peran pemerintah dan swasta bersama masyarakat lokal kiranya perlu bersinergi dalam upaya manangani masalah Kota Tua Jakarta, terutama soal budaya dan sejarah masa lalunya yang belum maksimal terungkap, ini perlu digali dari semua potensi yang ada karena Kota Jakarta itu bukan hanya Kota Bisnis semata.

Repoter : sugeng
Editor : andrey


SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: