Monday, December 4, 2017

Dihantam Badai, Kapal Yatch Bora Asal Belanda Ditemukan Tanpa Awak di Perairan Merauke

MITRAPOL.com – Kapal Cepat Berbendera Negara Holland/Belanda yang bernama Yatch Bora ditemukan di Perairan Laut Merauke, Papua Republik Indonesia.

Asisten Operasi (Asops) Danlantanal XI Kolonel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo saat memberikanketerangan pers.

Kapal Cepat ini diketahui tak mampu menerjang laut pasca menerjang badai dan kencangnya angin ombak di kawasan Perairan Samudra Hindia menuju Indonesia. Kapal turis asal belanda tersebut ditemukan dalam keadaan tanpa awak.

Asisten Operasi (Asops) Danlantanal XI Kolonel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo didampingi oleh Asisten Intelijen (Asintel) Danlantamal XI Kolonel Laut (T) Totok Noriyanto, S.T., dan Komandan Satuan Keamanan Laut (Dansatkamla) Lantamal XI Mayor Laut (P) Dedy Obet.

Saat melakukan Jumpa Pers di Lokasi Kapal Yatch Bora menjelaskan, Kapal Yatch Bora ini melakukan pelayaran dengan misi Round The Word atau keliling dunia, namun pada saat terakhir di Australia mengalami masalah dengan adanya bencana badai yang cukup besar, sehingga pada saat itu mereka mengirimkan sinyal SOS yang mana sinyal tersebut diterima oleh Pihak Belanda mengingat kapal ini adalah berasal dari belanda dan belanda langsung bekerja sama dengan Pihak Australia menyelamatkan Nahkoda Kapal ini yang bernama Mr. Jems.



Diketahui Mr. Jems ditemukan dalam keadaan selamat dan dievakuasi menggunakan Helikopter akan tetapi Kapal yang dinahkodai sudah hanyut jauh dan memasuki Perairan Indonesia tepatnya di 110 mil perairan barat daya Merauke, Papua.

Kapal ini pada tanggal 12 November 2017 diketahui hanyut dari pihak nelayan sehingga dengan sontak pihak Lantamal XI dengan cepat melakukan penyisiran dan menelusuri lokasi tersebut sehingga ditemukan pada tanggal 29 November 2017 dengan segera Lantamal XI menarik kapal Yahbora hingga ke Pelabuhan Pangkalan Lantamal XI di Merauke dan diamankan.

Menurutnya hingga saat ini kapal belanda tersebut masih dalam Penyelidikan Lantamal XI dan bekerja sama dengan pihak terkait dalam hal ini bersama pihak Australia.

Kapal Yatch Bora 

Kapal Yatch Bora memiliki ukuran panjang 11 meter dan lebar 3 meter. Hingga berita ini ditayangkan Kapal Yatch Bora tersebut Masih diamankan di Pangkalan Lantamal XI Merauke.

Reporter : qodri
Editor : andrey




SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: