Friday, December 29, 2017

Apel Mirah Putih "Kadar Bobot Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia”

MITRAPOL.com - Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW warga Kota Pekalongan menggelar Apel Merah Putih dengan tema "Kadar Bobot Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia Tergantung Kecintaan Pada Tanah Air, Kadar Bobot Cinta Bangsa Tergantung Kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia" yang melibatkan unsur Polri, TNI, tokoh agama, dan pelajar bertempat di Alun-alun Kota Pekalongan, Sabtu (23/12).



Apel Merah Putih tersebut dihadiri oleh Danrem 071/WK Kolonel Inf. Suhardi, Walikota Pekalongan HM. Saelany Mahfudz, Wakil Ketua DPRD Kota Pekalongan Ismet Isnonu, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu serta tamu undangan Ulama dan Habaib Kota dan Kab Pekalongan.

Seluruh peserta Apel Merah Putih tersebut kompak menggunakan ikat kepala berwarna merah putih dengan dipimpin oleh Danrem 071/WK Kolonel Inf. Suhardi ditandai dengan pembacaan ikrar NKRI dengan diikuti oleh seluruh peserta Apel Merah Putih.

Danrem 071/WK Kolonel Inf. Suhardi dalam amanatnya menyampaikan kemerdekaan bangsa waktu silam, para ulama mempunyai peran dan andil yang cukup besar serta dalam upaya mempertahankan kemerdekaan juga tidak terlepas dari andil yang besar oleh para Kyai. Oleh sebab itu, para Kyai dan Santri yang dahulu berperan sangat besar dalam kemerdekaan dan berdirinya NKRl serta lahirnya Pancasila, sehingga para Kyai, Ulama dan Santri selalu menjadi soko guru dan pelaku perjuangan bangsa lndonesia. Saat ini peran Kyai dan para Ulama makin penting dan dibutuhkan dalam membina keharmonisan masyarakat,"jelasnya.

Kegiatan Apel “Merah Putih” dan ikrar “NKRI” ini harus mampu menjadi momentum bagi kita, ampu meneladani akhlak Rasulullah SAW yang senantiasa membela kebenaran, mengedepankan kejujuran, menghargai dan menghormati keberagaman.

Danrem 071/WK Kolonel Inf. Suhardi dalam pelaksanaan kegiatan ini berharap, semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan-NYA kepada kita sekalian.

Lebih lanjut, Kapolres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah AKBP Ferry Sandy Sitepu saat ditemui usai mengikuti apel merah putih mengatakan, apel ini bertujuan untuk menolak radikalisme, terorisme yang akhir-akhir ini nampak dengan tujuan memecah dan mengacam kesatuan bangsa, kita semua sepakat bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang berketuhanan Yang Maha Esa yang menjujung tinggi kebhibekaan dan kesetaraan diantara semua komponen bangsa walaupun kita berlatar belakang perbedaab suku, ras dan agama tetapi kita saling harga mengahrgai dalam rangka menjaga kesatuan dan persatuan serta kedaulatan NKRI serta sangup menjaga kerukunan dlam kehidupan beragama dan bermasyarakat," ungkapnya.

Kapolres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah AKBP Ferry Sandi Sitepu menambahkan, Apel Merah Putih ini digelar dengan harapan bisa menumbuhkan kembali kesadaran pentingnya menjaga persatuan dan menjaga kondusifitas keamanan di Kota Pekalongan dan kita tingkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat guna mewujudkan persatuan dan kesatuan NKRI yang Kokoh.

“Kondisi di Kota Pekalongan sejauh ini kondusif, bahkan belum ditemukan adanya kerawanan dan potensi konflik. Namun, Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah akan melakukan patroli dan melakukan dialog dengan jamaah di tempat-tempat ibadah untuk menjaga suasana tetap kondusif,” pungkasnya.


Reporter : irul

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: