Thursday, December 28, 2017

Antisipasi Guantibmas, Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kebayoran Lama Terus Ditingkatkan

MITRAPOL.com - Berdasarkan STR Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) nomor : STR /944/XI/2017 tanggal 23 November 2017 tentang perkembangan situasi terkait aksi teror yang terjadi di Paris dan Perancis dalam rangka menyambut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, serta rencana Operasi Lilin Jaya 2017 Polda Metro Jaya nomor : RENOPS /13/XII/2017, Kepolisian Sektor Kebayoran Lama Polres Metro Jakarta Selatan yang didukung perkuatan TNI dan komponen Kamtibmas lainnya pada tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 01 Januari 2018 melakukan pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru yang semua kegiatannya terpusat di Pos Pengamanan (Pospam) Operasi Lilin Jaya 2017 Polsek Kebayoran Lama yang berada di Pertigaan Bungur, Jl. Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama Utara - Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kapolsek Kebayoran Lama didampingi Wakapolsek dan Ka. Pospam saat kontrol anggotanya di Pospam Polsek Kebayoran Lama.

Kasie Humas Polsek Kebayoran Lama IPDA Sumaryanto kepada mitrapol.com menerangkan bahwa wilayah hukum Polsek Kebayoran Lama sesuai dengan geografi dan demografinya memiliki luas wilayah 1.931,52 Ha dengan jumlah penduduk 314,646 jiwa yang terdapat pada 6 Kelurahan yaitu Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama Selatan, Kebayoran Lama Utara, Grogol Selatan, Grogol Utara, dan Cipulir. Adapun untuk jumlah Gereja yang ada diwilayah Kebayoran Lama terdapat 24 Gereja, yang mana terdapat 2 Gereja yang Jemaatnya dalam jumlah besar seperti GKI Pondok Indah dan Gereja Nehemia yang dalam pengamanannya dibantu oleh BKO dari Polres Metro Jakarta Selatan.

"Dalam Operasi Pengamanan Lilin Jaya 2017 sesuai dengan arahan Pimpinan menitik beratkan pada giat preventif, preemtif, dan represif guna menjamin rasa aman seluruh masyarakat khususnya warga masyarakat Kebayoran Lama yang meliputi kegiatan ibadah, mobilitas, serta kegiatan lainnya di pusat-pusat keramaian dan tempat-tempat umum," terang Kasie Humas.

Sementara, Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Kurniawan Ismail, SH, S.Ik, M.Ik saat mengontrol anggotanya di Pospam pada Senin ( 25/12/2017 ) pukul 22.00 WIB kepada mitrapol.com menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua unsur terkait, khususnya Tiga Pilar Kebayoran Lama yang selama ini terlibat membantu kami dalam pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Selain unsur Tiga Pilar, terdapat juga Pokdarkamtibmas Sektor Kebayoran Lama, FKDM, dan Ormas lainnya serta Pramuka Saka Bhayangkara yang selama ini telah membantu kami selaku pihak Kepolisian dalam pengamanan yang terpusat dalam Operasi Lilin Jaya 2017," kata Kurniawan.

Kompol Kurniawan Ismail, SH, S.Ik, M.Ik juga mengatakan bahwa Polsek Kebayoran Lama akan terus meningkatkan pelayanan pengamanannya setiap harinya, khususnya saat hari raya seperti pengamanan Natal dan Tahun Baru yang kita laksanakan saat ini agar wilayah Jakarta Selatan khususnya wilayah hukum Kebayoran Lama selalu tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Syukur Alhamdulillah situasi Kamtibmas dalam menyambut hari raya Natal 2017 sampai saat ini masih dalam situasi yang aman dan kondusif. Kami akan tetap meningkatkan pengamanan kewilayahan dengan patroli mobile secara berkala pada titik - titik yang kami anggap rawan khususnya pada malam hari " ujarnya

Lebih lanjut, Kapolsek Kebayoran Lama menghimbau kepada semua yang terlibat dalam Operasi Lilin Jaya 2017 khususnya kepada Anggota Polsek Kebayoran Lama untuk selalu bekerjasama atau berkoordinasi sebaik - baiknya dengan unsur atau instansi terkait. Utamakan tindakan persuasif, tegas, dan humanis dalam pelaksanaan pengamanan.

"Kami harap kepada semua yang terlibat agar senantiasa selalu menjaga kondisi kesehatannya masing - masing dengan baik, dan laksanakanlah pengawasan serta pengendalian secara intensif dan cegah tindakan kontra produktif. Selain itu juga diharapkan agar melaporkan setiap perkembangan situasi dengan menggunakan jalur komunikasi yang tersedia " harap Kapolsek

Dari beberapa keterangan Pengurus dan Jemaat Gereja serta warga masyarakat Kebayoran Lama yang mitrapol.com himpun mengatakan bahwa pengamanan dalam Operasi Lilin Jaya tahun ini jauh lebih baik daripada tahun sebelumnya.


"Saya mengatakan lebih baik karena secara berkala baik siang maupun malam hari mobil patroli dari Polsek Kebayoran Lama selalu melintas di sekitar lingkungan kami, bahkan kami juga melihat adanya anggota Reskrim yang kami kenal juga melakukan patroli. Kami harap Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan pihak Kepolisian pada akhir - akhir ini agar terus ditingkatkan setiap harinya dan bukan pada saat hari raya atau hari besar lainnya saja supaya kami selaku warga masyarakat bisa selalu aman dan tenang dalam beribadah, serta melakukan aktivitas lainnya " ujar salah satu Pengurus Gereja yang dirinya juga sebagai warga Kebayoran Lama.

Reporter : tri wibowo

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: