Saturday, December 30, 2017

Akhirnya Bandar Ganja Asal Aceh di Lumpuhkan

MITRAPOL.com - Kepolisian Resor (Polres) Solok Kota melakukan pengungkapan kasus ganja seberat lebih kurang 90 kilogram di wilayah Singkarak, Kabupaten Solok.



Tersangka akhirnya dilumpuhkan dengan timah panas, setelah dalam proses penangkapan berusaha melarikan diri. Selain barang bukti ganja, juga diamankan sebuah mobil jenis Toyota Rush BA 1653 RN, yang dipergunakan pelaku menjalankan aksinya di daerah Sumbar.

Pengungkapan kasus ini dipimpin langsung oleh Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan dan Wakapolres Kompol Sumintak. Hampir semua satuan dilibatkan dalam pengungkapan kasus ini. Tersangka diidentifikasi bernama Fachrur Rozi (32), warga Jalan Rel Kereta Api Dusun Batupat Timur Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe Aceh. Rozi diduga merupakan anggota polisi yang berdinas di Polres Langsa, Aceh.

Selain paket besar ganja, dari tangan tersangka ikut diamankan 1 paket kecil Shabu kurang lebih sebanyak 1 Gram, 1 alat hisap berupa Bong, 1 buah buku tabungan Bank BRI An. Fachrur Rozi, 1 buah buku tabungan Bank BNI 46 An. Fachrur Rozi dan 2 Unit HP Jenis Samsung.

Penangkapan ganja dengan jumlah besar ini, merupakan hasil analisa dan informasi dilapangan. Sebelumnya diperoleh info bahwa jaringan pengedar (Bandar) Narkotika jenis Ganja asal Propinsi Banda Aceh yang akan membawa Narkotika jenis ganja dari Kota Banda Aceh ke Kota Solok (sumbar) melalui jalan darat dengan menggunakan Mobil Toyota Rush warna Silver BA 1635 RN.

Kemudian Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan SIK, MH, membagi tim penyelidikan menjadi 3 Tim, (Tim Analisa & Surveylance, Tim Tindak 1 dan Tim Tindak 2). Penyelidikan sampai dengan pengungkapan oleh Kapolres Solok Kota dan Jajaran dilakukan selama 2 hari.

Tanpa henti dan waspada
Pada Selasa (26/12/17) didapatkan informasi pelaku memasuki wilayah Sumbar diperkirakan pukul 05.00 wib, melewati Bukit Tinggi, Padang Panjang, Padang Pariaman, pelaku sempat mengantar BB Ganja ke Kota Padang, hasil lidik Tim analisa diperkirakan BB ganja sebanyak 60 kg sudah di turunkan pada 3 lokasi (Ulak Padang Utara, Lubeg dan Kuranji), namun posisi secara khusus tidak terpantau. Karena info awal BB tersebut langsung dibawa oleh pelaku ke Daerah Kota Solok.

Pada hari Rabu (27/12/17), pukul 18.00 WIB termonitor hasil lidik Tim analisa pelaku berada di Batipuh Tanah Datar dengan menggunakan kendaraan yang sama. Kapolres Solok Kota kemudian memerintahkan semua Tim persiapan, dan langsung berangkat ke Lokasi penghadangan di wilayah Singkarak, pukul 19.00 WIB. Laporan Tim Analisa dan Surveylance pelaku memasuki Wilayah danau Singkarak.

Di TKP 1, Biteh Nagari Kacang Kecamatan, Singkarak Kabupaten Solok, Tim 1 Polres Solok Kota dipimpin Kapolres melakukan penghadangan. Namun tersangka berhasil menerobos dan menabrak mobil personil Polres Solok Kota.

Kapolres Solok Kota sempat menembak Ban Mobil pelaku sebelah kiri depan, dalam kondisi Ban Mobil Toyota Rush milik pelaku kempes, Mobil tetap di pacu ke arah Kota Solok. Tersangka sempat melempar barang bukti sebanyak satu Dus berisi 20 Paket besar ganja, diperkirakan untuk memecah kosentrasi petugas.

Ketika Mobil pelaku sampai di depan Polsek X Koto di Singkarak bawah menuju lokasi depan Pospam, Personil Polres Solok Kota yang berada di Pos Pam Dermaga Danau Singkarak mencoba melakukan penghadangan dengan Brikade Truk Dalmas di lintangkan ditengah jalan, namun pelaku berhasil menyisip dan menerobos sisi jalan sebelah kanan sehingga dinding mobil Pelaku ringsek, namun tetap bisa diterobos, personil di pos pam menghindar dan tersangka berhasil lolos.

Wakapolres yang berada diujung jalan dekat Pospam berusaha menembak ke arah mobil pelaku, sehingga diperkirakan Radiator mobil pelaku bocor, namun pelaku masih tetap bisa melarikan diri dengan kendaraannya ke TKP 2 di Jorong Lembang Nagari Singkarak Kec. X Koto Singkarak Kab. Solok, kemudian Tim 2 melakukan pengejaran ke TKP 2.

Di TKP 2, personil Polres Solok Kota dipimpin oleh Wakapolres berhasil melumpuhkan tersangka dengan tembakan ke arah kaki saat tersangka mencoba melarikan diri ke sawah, dan dalam mobil tersangka, di temukan narkotika jenis Ganja.

Reporter : efrizal

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: