Friday, November 3, 2017

Wakasat Narkoba Polres Jakarta Barat Adakan Giat Penyuluhan Narkoba di Untar

MITRAPOL.com - Polsubsektor Citra Land Iptu Murdiyo bersama Sat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Wakasat Narkoba Kompol H. Khoiri SH, MM menjadi nara sumber di Kampus Universitas Taruma Negara, Jl. Letjen S. Parman No. 1, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (2/11/2017).



Dalam kegiatan tersebut Wakasat Narkoba Kompol H. Khoiri menyampaikan tentang bahayanya narkotika apapun jenis dan bentuknya serta hukumnya, sangat berbahaya bagi organ tubuh kita yakni dampak fisik, tanpa disadari sistem saraf (neorologis), gangguan pada jantung dan pembuluh darah(Kardiovaskule), gangguan pada kulit (Dermatologis), ganggu pada paru-paru (pulmoner).

“Yang lebih bahaya lagi terinfeksi virus HIV dan AIDS, perubahan-perubahan fisik terhadap diri sendiri dan lingkungan," jelas Kompol H. Khoiri.

Masih kata H. Khoiri, mengapa hanya penyalahguna yang direhabilitasi? Dijelaskan, penyalahguna narkoba berbeda dengan pencandu dan pengedar. Penyalahguna adalah korban kejahatan narkotika, sementara pecandu, adalah penyalahguna dan dalam keadaan ketergantungan, selain itu penyalahgunaannya dibuktikan oleh penyidik dan sedangkan ketergantungan diputus oleh tim assesment seperti dokter dan psikolog.

"Penyalahguna atau pecandu beda di barang bukti, antara dihukum penjara, seumur hidup atau hukuman mati itu melihat dari barang bukti yang ada. Ayo mari kita sama-sama memerangi dan stop narkoba dari sekarang," katanya.

Sementara itu, Iptu Murdiyo menyampaikan adanya kegiatan ini sangat berguna bagi mahasiswa dan masyarakat luas, untuk antisipasi penyalahgunaan narkoba terhadap generasi muda penerus bangsa.

“Jangan sampai terjerumus dan dihimbau kepada mahasiswa agar selalu waspadai kegiatan rekan-rekan mahasiswa untuk saling menjaga persatuan dan kamtibmas dilingkungan kampus maupun diluar kampus, tertib dalam berkendaraan dan bermasyarakat," ungkap Iptu Murdiyo.

Reporter : sugeng

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: