Tuesday, November 7, 2017

Tugu Soekarno di Palangka Raya

MITRAPOL.com - Wacana pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Palangka Raya bukan baru didengungan sekarang tetapi sudah dicanangkan oleh Proklamator dan Presiden RI pertama Ir Soekarno sejak lama. Pada tahun 1957 ketika Soekarno mendarat pertama kali di Kota Palangka Raya langsung menancapkan tiang pancang sebagai simbol awal pembangunan Palangka Raya.

Foto Mitrapol.com
Soekarno hadir di Palangka Raya kala itu atas undangan gubernur pertama Kalimantan Tengah, Tjilik Riwut. Soekarno datang meresmikan Kalimantan Tengah yang telah melepaskan diri dari Provinsi Kalimantan Selatan


Tiang simbol pembangunan Palangka Raya itu kini diabadikan menjadi sebuah monumen bernama Tugu Soekarno. Tak jauh dari tugu tersebut terdapat Istana Isen Mulang dan bundaran besar yang juga didesain oleh Soekarno.


Di Tugu Soekarno terdapat tiang pancang yang dibangun untuk mengenang tiang yang ditancapkan Soekarno. Di tiang tersebut terdapat prasasti bertuliskan; 17 Juli 1957 Pemantjangan Tiang Pertama Kota Palangka Raya Ibu Kota Propinsi Kalimantan Tengah Oleh P.M.J Presiden RI Dr. Ir. Soekarno.


Tugu Soekarno ini hanya berjarak 50 meter dari bibir Sungai Kahayan. Di lokasi tersebut juga dibangun sebuah dermaga bernama Dermaga Tugu Soekarno. Dari bibir sungai, Tugu Soekarno berbaris lurus dengan bangunan Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Tengah.

Penulis : DR

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: