Thursday, November 9, 2017

Tekan Angka Malaria, Provinsi Papua dan Papua Barat Gelar Lokakarya

MITRAPOL.com - Untuk mendorong percepatan eliminasi penyakit Malaria di Tanah Papua, maka Program ‘Kompak Bakti Landasan Dua’ bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat mengadakan Lokakarya Integrasi Eliminasi Malaria dalam Program Perbaikan Pelayanan Dasar di Tanah Papua di Grand Hotel Alison Hotel Jayapura Papua, Selasa-Rabu (7-08/11/2017).



Gerakan eliminasi malaria telah dimulai secara global sejak tahun 2007, dan dalam perkembangan komitmen sedunia menjadi bagian dari target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDG) yakni dunia yang bebas malaria di tahun 2030.

Menurut Dinas Kesehatan Provinsi Papua Annual Parasite Incidence (API) pada Tahun 2016 adalah 57,3/1.000 penduduk (Data 2017) sedangkan menurut Dinas Kesehatan Papua Barat angka API adalah 18,1 pada Tahun 2016. Angka ini menunjukkan provinsi Papua dan Papua Barat merupakan daerah dengan tingkat penularan malaria paling tinggi dibandingkan daerah lain di Indonesia, bersama dengan Provinsi Maluku, Maluku Utara dan NTT.

Pemerintah Australia, melalui program kerja sama dengan Pemerintah Indonesia turut mendukung upaya eliminasi malaria di Provinsi Papua dan Papua Barat. Salah satunya adalah melalui kursus singkat Pencegahan dan Pengobatan Malaria bagi Anak-anak dan Ibu hamil di Kawasan Timur Indonesia.



Kursus singkat ini diadakan oleh Australia Awards Indonesia (AAI) sejak tahun 2016. Ada dua grup peserta belajar yang terdiri dari praktisi terkait malaria dari pemerintah daerah, universitas, NGO di Papua dan Papua Barat telah mengikuti kursus singkat ini dan menyusun konsep inovasi untuk upaya eliminasi malaria.

Lokakarya ini bertujuan untuk membangun pemahaman mengenai kebijakan, strategi dan program eliminasi malaria di Papua dan Papua Barat serta membangun kesepakatan tentang rencana percontohan percepatan eliminasi malaria terintegrasi di 4 kabupaten wilayah kerja Program Kompak-Bakti Landasan Dua.

Peserta lokakarya adalah penentu kebijakan program terkait di Provinsi Papua dan Papua Barat serta pelaksana program di tingkat kabupaten dan distrik yakni Kepala Distrik, Kepala Puskesmas serta Koordinator Kabupaten (KorKab) dan Koordinator Distrik (KorDis) Program Kompak Bakti Landasan Dua.


Hasil akhir dari lokakarya ini adalah tersusunnya rencana pelaksanaan kegiatan eliminasi malaria di tingkat kampung oleh 4 kabupaten yang menjadi lokasi pilot program, yang didasari oleh pemahaman mengenai strategi eliminasi malaria dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia secara terintegrasi.

Reporter : ronald karambut


SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: