Monday, November 13, 2017

Sosialisasi Siskeudes Kepada 192 Ohoi Kabupaten Maluku Tenggara

MITRAPOL.com - Sosialisasi Sistim Keuangan Desa (Siskeudes) yang dilaksanakan BPK RI Provinsi Maluku, Kepala Sub Auditorat BPK Perwakilan Maluku bersama Staf, serta Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Maluku di Grand Vilia Langgur, Senin 13 Nopember 2017.



Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Maluku Tenggara Drs. Yunus Serang, M.Si mengatakan Sistem Informasi Keuangan Desa yang kita kenal dengan sebutan Siskeudes adalah system aplikasi yang dirancang dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (IT) guna mereduksi dan menyederhanakan pengelolaan Keuangan Ohoi secara sistematis, sederhana, mudah, transparan dan bertanggung jawab sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kesederhanaan dan kemudahan dalam mengelola keuangan ohoi secara tertib, transparan, dan bertanggung jawab sesuai kaidah-kaidah manejemen keuangan modern tersebut untuk mendorong Pemerintah untuk merumuskan system Aplikasi Keuangan Desa/Ohoi yang tepat dan simple. Oleh karena itu Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI telah merumuskan dan menerapkan Sistem Informasi Keuangan Desa atau Siskeudes untuk digunakan dalam pengelolaan Keuangan Desa atau Ohoi,” kata Bupati.



Bupati juga menyampaikan bahwa Kabupaten Maluku Tenggara yang terdiri dari 192 Desa/Ohoi telah menggunakan Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes), ini berarti sudah 100% Ohoi di Kabupaten Maluku Tenggara sudah menggunakan Siskeudes dalam pengelolaan Keuangan Desa dan ini merupakan langkah maju bagi kita semua teristimewa para Kepala Ohoi dan perangkatnya dalam menata.

“Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan/pertanggungjawaban, evaluasi dan perobahan yang lebih tertib, dan transparan serta akuntabel,” tambahnya.

Dirinya berharap agar dengan sosialisasi keuangan Desa ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua teristimewa para Kepala/Penjabat Ohoi dalam pengelolaan Keuangan Desa/Ohoi dengan baik.


Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan sosialisasi Siskeudes adalah ; Edison Betaubun, SH MH dari Unsur DPR RI, Direktur Keuangan BPK RI Provinsi Maluku, Gubernur Maluku yang diwakili Asisten 1, Kepala Sub Auditorat BPK Perwakilan Maluku, dan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Maluku.


Reporter : nor safsaf

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: