Sunday, November 12, 2017

Seminar Sehari BKAG Kecamatan Idanogawo

MITRAPOL.com – Bertepatan di Gereja BNKP Kota Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias-Sumatera Utara, Drs. Sokhi’atulo Laoli, MM Bupati Nias membuka secara resmi kegiatan seminar sehari Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG), Sabtu (11/11/2017).



Hadir pada acara tersebut Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Camat Idanogawo, Ketua dan Pengurus BKAG Kecamatan Idanogawo, Panitia Seminar Sehari BKAG Kecamatan Idanogawo, kepala desa, tokoh agama, tokoh pemuda dan perempuan, dan sejumlah hadirin undangan lainnya.

Drs. Sokhi’atulo Laoli, MM Bupati Nias menyampaikan bahwa acara kegiatan BKAG Pemerintah Daerah Kabupaten Nias menyambut baik dan menyampaikan apreseaasi atas pelaksanaan kegiatan ini yang merupakan momentum untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan kualitas kompetensi peserta dalam menghadapi kondisi dinamika perkembangan gereja dan jemaat saat ini.

“Gereja merupakan sebuah sarana pelayanan yang bertujuan untuk menciptakan tatanan masyarakat yang beradab dan berketuhanan dimana dalam penyelenggaraan mengusung misi pelayanan kepada seluruh jemaat dengan menanamkan nilai-nilai keimanan dan kasih dengan senantiasa mempedomani ajaran kristus sang juru selamat, disamping gereja memiliki peranan untuk mendukung penyelenggaraan pembangunan disegala bidang utamanya dalam aspek pendidikan, kebudayaan, kesehatan dan peningkatan kualitas ekonomi masyarakat,” jelas Bupati Nias.



Dinamika pola hidup modern, tambahnya, tengah berlaku pada saat ini melahirkan opini, menempatkan ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi pada posisi teratas untuk mencapai tataran hidup berkualitas, sedangkan nilai-nilai keimanan dan ketuhanan dipinggirkan bahkan menjadi aspek yang tidak diperhitungkan dalam pembangunan kehidupan masyarakat, sehingga melahirkan kelompok masyarakat yang memuja dan menikmati duniawi yang mengabaikan nilai harkat dan martabatnya sebagai manusia.

Kondisi ini sudah tentu menjadi ancaman bagi keberlangsungan peradaban kehidupan umat manusia dan bertentangan dengan misi penyelenggaraan gereja, karenanya sudah sepatutnya gereja mengambil bagian dan tanggungjawab untuk menyikapi hal ini dengan kerja keras dan kolaborasi dengan segnap elemen meluruskan pola hidup masyarakat serta menegaskan bahwa keimanan merupakan landasan yang fundamental dalam pembangunan manusia.

Keberadaan BKAG yang merupakan wadah pemersatu organisasi gereja-gereja didaerah ini sangat digarapkan dapat memaksimalkan peranannya melalui invasi dan karya pikiran mensukseskan misi gereja dengan memberikan pelayanan dan pencerahan kepada seluruh masyarakat, sehingga menciptakan tatanan masyarakat yang humanis dan berketuhanan serta berpartisipasi mendukung penyelenggaraan pembangunan disegala bidang. Kegiatan seminar hari ini kami nilai bahwa sebuah upaya positif sekaligus media yang dapat membangun kualitas manusia dan wawasan para pelayan dan hamba Tuhan.


“Kiranya seminar ini dapat memelihara langkah-langkah strategi pelayanan yang dapat mengimbangi perkembangan dinamika global sehingga peranan gereja dalam pembangunan masyarakat dapat lebih efektif,” harap Bupati mengakhiri.


Reporter : tonazaro harefa

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: