Thursday, November 2, 2017

Sekda Pekalongan Buka Bendungan Gembiro

MITRAPOL.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Pekalongan membuka Bendungan Gembiro yang terletak di Desa Krandon Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan, Rabu (01/11 /2017).



Bendungan Gembiro adalah bendungan gerak pertama di Pekalongan yang dibangun pada jaman Belanda dan buka bendungan ini merupakan tradisi tahunan yang bertujuan untuk membersihkan endapan lumpur yang mengendap selama satu tahun dan mengatur air irigasi,guna memantapkan pasokan air bagi petani di wilayah Pekalongan.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Sekda Kabupaten Pekalongan Dra. Mukaromah, MM, Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan SIK Perwira penghubung Kodim 0710/ Pekalongan, Mayor Kav Haryono, Kasi intel Kejari Kabupaten Pekalongan dan tamu undangan lainya serta ribuan masyarakat Kabupaten Pekalongan.

Dalam sambutanya Bupati Pekalongan Asip Kholbihi yang dibacakan oleh Sekda Pekalongan Dra. Mukaromah Syakoer. MM, menjelaskan bahwa tujuan dari pada bedah bendung ini adalah untuk membersihankan bedungan dari endapan lumpur yang selama 1 tahun terbendung tidak mengalir dan untuk memantapkan pola tanam pada musim tanam pertama Kabu Pekalongan. 

"Ucapan terima kasih juga disampaikan Bupati kepada OPD terkait dari Pemprov.Jawa Tengah dan masyarakat yang telah menyukseskan acara bedah bendung gembiro," jelasnya.

Mengakhiri sambutanya Mukaromah Syakoer mengingatkan Kepada masyarakat yang akan mencari ikan agar berhati-hati karena dengan di bukanya bendungan ini maka arus yang mengalir disungai akan deras sehingga perlu mewaspadai agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. 


Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Sekda di dampingi tamu undangn dan pembukaan bendung gembiro dengan secara simbolis dan melakukan peninjauan ke lokasi.

Reporter : irul

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: