Monday, November 20, 2017

Sejuta Umat Hadiri Haul Akbar Syech Sayyid Mbah Priuk

MITRAPOL.com - Majelis Tadzkir Alhabib Ahmad bin Zein Alhaddad/Gubah Al Haddad (Maqom Mbah Priuk), Jl. Keramat Situs Sejarah Tanjung Priuk, Koja-Jakarta Utara menggelar Haul Akbar Syech Sayyid Mbah Priuk ke-262, Minggu (19/11/2017).

Haul Akbar Syech Sayyid Mbah Priuk

Acara yang diselenggarakan ini merupakan ritual tahunan yang menghadirkan hampir semua Habib seluruh nusantara alim ulama dan umat muslim yang ingin menjalin dan mempererat tali silaturahim sesama umat.

Dalam acara ini turut diundang Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Walau akhirnya hanya Sandiaga Uno, Wakil Gubernur Prov DKI Jakarta yang terlihat hadir, namun tidak mengurangi gegap gempitanya acara silaturahim yang digelar tiap tahun ini.

Syech Sayyid Mbah Priuk dikenal juga dengan sebutan lengkap Al Imam Al Arif Billah Al Quthub Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad, merupakan tokoh keagamaan yang dianggap sakral dan diagungkan sehingga makamnya kini ditetapkan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta sebagai cagar budaya dan kawasan wisata religi.

Saksikan Videonya Disini

Pengamanan dipimpin langsung Wakapolres Pelabuhan Tanjung Priuk Kompol Asep Al Huda, Kabag Ops Kompol Hadi Suripto serta bantuan Sabhara 3 kompi dari Polda Metro Jaya.

Kompol Asep Al Huda kepada MITRAPOL.com menjelaskan, acara berlangsung aman dan kondusif.

“Peran serta Organisasi Masyarakat Brigade 08 turut menjaga dan mengantisipasi acara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPD Brigade 08 Jawa Barat Edi Poerwanto didampingi Pembina DPD Jawa Barat Pa Budi dan Aryo Lindu,” katanya.



Pembacaan Sholawat menjadi pembuka acara, disusul prosesi Ziarah Bersama ke Maqom Keramat Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad R.A, kemudian pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu pembacaan Manaqib Syech Sayyid Mbah Priuk, seterusnya ceramah Mauidhoh Hasanah, Shalat Ashar Berjamaah dan terakhir ditutup dengan Doa.

Habib Ali Zainal Abidin, keturunan langsung atau cicit dari Syech Sayyid Mbah Priuk, dalam jumpa persnya mengatakan bahwa ia bangga karena Acara Haul Mbah Priuk ke-262 dapat berjalan dengan aman, nyaman dan tentram walau dihadiri hampir satu juta jamaah dari berbagai pelosok negeri. Para jamaah yang datang dari Jabodetabek hampir dari seluruh Indonesia bahkan dari Malaysia, Australia dan Brunei turut hadir juga.

Wakapolres Pelabuhan Tanjung Priuk Kompol Asep Al Huda.

“Acara ini adalah agenda tahunan yang dilaksanakan setiap ahad akhir shafar, dimana para jamaah yang hadir datang sendiri tanpa diundang,” pungkas Habib Ali Zainal Abidin.

Reporter : banggas




SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: