Tuesday, November 7, 2017

Ratusan Guru Tutup Akses Masuk Kantor Pusat Pemerintahan Mimika

MITRAPOL.com - Ratusan Guru Honorer menutup akses masuk dan keluar pada Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika di Kelurahan Karang Senang (SP 3), Distrik Kuala Kencana, Senin (6/11/2017).


Penutupan ini adalah puncak amarah dari massa pendemo yang diketahui melakukan aksi demonstrasi sudah cukup lama, lantaran tuntutan mereka tak digubris oleh Kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika Jeni Usmani. M.pd.

Salah satu Perwakilan Guru Bernama Ignasius Rudin kepada awak media mengatakan bahwa aksi ini adalah spontanitas dari para guru terkait belum adanya respon kepala dinas pendidikan dalam menanggapi perintah bupati mimika untuk membayar insentif para guru kontrak yang sudah bekerja.

"Ini hanya aksi spontanitas dari teman-teman guru, karena sudah ada perintah dari Bupati bahwa harus insentif kami dibayarkan, akan tetapi kenapa Kepala Dinas Pendidikan, Jeni Usmani tidak bayar,” paparnya.

Menurutnya Bupati Mimika Eltinus Omaleng telah memerintahkan bawahannya tersebut untuk membayar Insentif guru yang sedang diminta para guru kontrak melalui media.

“Aksi kami ini sudah lama sekali dan sepertinya tidak ada tanggapan dari Kepala Dinas sampai sekarang, dan Aksi kami ini sampai ada titik temu yang jelas baru kami akhiri,” terangnya.

Para Guru Kontrak, tambahnya, yang belum dibayarkan insentifnya sudah mencapai seribu lebih guru Kontrak.

Dari pantauan MITRAPOL massa mengawali orasi dan membakar kayu dan rumput di tengah jalan depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mimika, tak puas sampai disitu massa kemudian bergeser ke jalan raya dan melakukan aksi lebih besar lagi lantaran menutup akses masuk dan keluar Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika yang juga didalamnya ada Kantor Bupati Mimika, Papua.

Usai memalang pagar dengan menggunakan papan dan ranting kayu serta tumpukan batu dan balok, massa kemudian membakar ban dan massa terlihat sempat bersitegang dengan Pegawai ASN karena beberapa Pegawai ASN ingin keluar dengan menggunakan kendaraan.

Hingga berita ini ditayangkan Jeni Usmani selaku Kepala Kantor Dispendasbud Mimika tak diketahui keberadaanya dan masih sulit untuk dikonfirmasi.


Aksi demonstrasi terpantau berjalan aman dikawal Polsek Kuala Kencana yang dipimpin Kapolsek AKP Junan Plitomo Kambey S.Sos, M.H.

Reporter : qodri

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: