Saturday, November 18, 2017

Ratusan Buruh PT Awindo Internasional Gelar Aksi Unjuk Rasa

MITRAPOL.com – Ratusan buruh PT. Awindo Internasional melakukan unjuk rasa menutut hak upah yang diberikan perusahaan yang tidak sesuai dengan Undang-undang Ketenagakerjaan yakni dibawah Upah Minimun Propinsi (UMP) yang berlaku. Massa Serikat Buruh itu bergabung didepan gerbang kawasan Perikanan Pelabuhan Muara Baru Penjaringan Jakarta Utara, Sabtu (18/11/2017).


Serikat buruh FSB Kamiparo, dan Serikat Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) berdemo bukan hanya karena Upah Minimum Propinsi (UMP) saja, melainkan adanya teman mereka sebagai anggota serikat buruh berjumlah delapan orang yang terkena Putus Hubungan Kerja (PHK) serta kontrak kerja yang tidak sesuai dengan Undang-undang Ketenagakerjaan dan adanya buruh yang tidak dibayar ketika sakit seakan-akan menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja.

Mereka memperjuangkan nasib buruh PT. Awindo Internasional dan telah melakukan langkah-langkah persuatif yakni dengan membuat surat permohonan perundingan terkait karyawan yang terkena PHK.

Kepada MITRAPOL.com, salah satu pendemo menuturkan bahwa mereka melakukan unjuk rasa ini jalan yang terakhir, karena ke delapan orang yang tidak diperbolehkan bekerja itu. “Akhirnya kami memilih melakukan aksi mogok kerja di PT Awindo Indonesia sebuah perusahaan pengelolahan ikan untuk diekspor keluar negeri,” bebernya.

Saksikan Videonya Disini

Akhirnya perwakilan Serikat Alson Naibaho Koordinator unjuk rasa diperkenankan mendiskusikan masalah itu oleh Irawan Kepala Pengelola Pelabuhan Perikanan Muara Baru didampingi Kapolsek Kawasan Muara Baru AKP Dwi Susanto SH dan beberapa orang yang hadir dari Pengawasan Sudin Jakarta Utara diantaranya Kartika Lubis dan Umi, Diki serta para Karyawan yang terkena PHK dan beberapa awak media serta anggota kepolisian setempat.

Pantauan MITRAPOL.com, acara diskusi dan tanya jawab itu berjalan sekitar satu jam lamanya dan tidak dihadiri pihak perusahaan, Massa kemudian merangsek ke perusahaan PT. Awindo Internasional.



Menurut keterangan Alson Naibaho mewakili perjuangan rekan-rekannya menjelaskan kepada MITRAPOl.com, bahwa hasil diskusi dengan pihak perusahaan belum mencapai kata sepakat hari ini dan keputusanya ditentukan hari Rabu mendatang.

“Mudah-mudahan lusa menghasilkan kesempatan bagi kedua belah pihak,” ujarnya.



Jalannya aksi unjuk rasa ini dikawal ketat aparat Brimob dipimpin Kapolsek Metro Penjaringan AKBP Anwar Haidar SH, SIK, Msi dan Waka Polsek Kompol H. Darmo Suhartono S.I.P, MM bersama Kapolsek Kawasan Perikanan Muara Baru AKP Dwi Susanto SH, beserta jajaran Kepolisian Polsek Metro Penjaringan dan Polsek Muara Baru Jakarta Utara sampai dengan selesai.

Penulis : muklis




SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: