Wednesday, November 22, 2017

Polres Pekalongan Kota Gelar Tes Urine Dadakan

MITRAPOL.com - Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah melaksanakan tes urine dadakan puluhan anggotanya, Rabu (22/11) sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang lainnya di kalangan anggota Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah.



Kapolres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah AKBP Ferry Sandi Sitepu melalui Kasi Propam Iptu Ketut Artika mengatakan, tes urine semacam itu dilakukan secara berkala. Hal ini sebagai langkah preventif agar anggotanya terhindari dari penyalahgunaan narkoba.

“Tes urine ini rutin, berkala, tetapi kita lakukan secara insidentil. Waktu pelaksanannya tidak kita informasikan dulu. Tadi, usai apel pagi, personel Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah langsung kita arahkan ke Aula Polres Pekalongan Kota untuk melaksanakan tes urin,” katanya.

Tes urine oleh tim Dokkes dan Sie Propam Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah dilakukan tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu ke anggota. Tes Urine kali ini dilakukan terhadap personel Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah.



Paur Kes Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah Iptu Purwanto menambahkan, secara bergiliran, satu-persatu personel sembari didampingi anggota Sie Propam, mengambil sampel urine mereka masing-masing, kemudian dimasukkan ke dalam sebuah wadah khusus. Sampel urine ini lalu diserahkan ke tim Dokkes. Tim dokkes langsung menguji kandungan zat dalam urine tersebut menggunakan alat jenis Rapid Diagnostik Test Answer Multi Drug Panels. Hasilnya, bisa segera diketahui hanya dalam hitungan menit,"jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan urine menunjukkan, sebanyak 116 personel yang menjalani tes hari itu tidak terindikasi mengonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya," kata Paur Kes Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah Iptu Purwanto.

Kasi Propam menegaskan, apabila ada anggotanya yang terbukti mengonsumsi narkoba, pihaknya akan mengambil tindakan tegas. “Nanti kita evaluasi hasilnya seperti apa,” tegas Kasi Propam.

Reporter : irul



SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: