Thursday, November 9, 2017

Peringatan BBGRM XIV dan HKG PKK ke-45 Kabupaten Nias

MITRAPOL.com – Dalam rangka percepatan akselerasi pembangunan mewujudkan kemandirian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nias, maka perlu digelorakan dan dilestarikan semangat kebersamaan dan kegotong-royongan masyarakat melalui peringatan bulan bhakti gotong-royong masyarakat (BBGRM) ke- XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 yang dilaksanakan di Desa Somi Kecamatan Gido Kabupaten Nias-Umatera Utara, Rabu (08/11/2017).



Acara tersebut dibuka secara resmi Bupati Nias Drs. Sokhi’atulo Laoli, MM dan turut dihadiri Ketua penggerak PKK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Nias, Camat Gido, unsur Muspika dan pimpinan instansi se-Kecamatan Gido dan camat se-Kabupaten Nias, para Kepala Desa, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, pemuda, wanita dan sejumlah wartawan media cetak dan online serta sejumlah hadirin lainnya.

Drs. Sokhi’atulo Laoli, MM Bupati Nias dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa Gotong-royong adalah nilai leluhur bangsa Indonesia yang telah tumbuh, berkembang, dan menjadi karakter dalam setiap sendi kehidupan bernegara, berbangsa dan bernmasyarakat. Nilai-nilai tersebut teraktualisasi diseluruh pelosok tanah air termasuk di Kabupaten Nias yang kita cintai.

“Kegotong-royongan telah mengawal bangsa dan NKRI untuk mencapai tujuan sebagaimana tercantum dalam UUD 1945, sadar dan mengakui bahwa setiap tantangan dan gejolak yang dihadapi bangsa dan Negara selama ini dapat diatasi dan dilaui dengan semangat kebangsaan yang ditopang oleh nilai kegotong-royongan,” papar Drs. Sokhi’atulo Laoli.

Dia menambahkan, bahwa sesuai dengan Tema BBGRM dan HKG PKK ke-45 tahun 2017 adalah “KELUARGA”, salah satu pilar utama bangsa karena tanpa keluarga yang sejahtera maka tidak akan pernah mampu mewujudkan Kabupaten Nias dan Bangsa Indonesia yang sejahtera.

“Pada saat ini kita perlu mengucap syukur dan berterima kasih baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang telah memberikan perhatian besar untuk mendukung setiap kegiatan yang ada ditengah-tengah masyarakat baik dibidang pemerintahan dan lembaga-lembaga lainnya yang ada bersumber dari APBN tahun 2017 yaitu Dana Desa dan dari APBD Kabupaten Nias sehingga diperkirakan semuanya menyerap 170 desa di Kabupaten Nias lebih dari satu miliar rupiah perdesa,” ujarnya.



Dirinya juga meminta kepada seluruh unsur pelaku dana desa di Kabupaten Nias mulai dari tingkat desa, kecamatan dan Kabupaten Nias agar sasaran program kegiatan yang akan dilaksanakan benar-benar berpihak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat serta memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat, sesuai dengan tema BBGRM ke- XIV dan HKG PKK ke-45.

“Dengan bulan bhakti gotong-royong masyarakat, kita dayagunakan peran lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintahan desa, sehingga hal ini mempunyai makna adanya sinergitas semangat yang sama diantara seluruh lembaga yang ada didesa untuk bergandengan tangan dalam mendukung peningkatan peranan masyarakat membangun desa dengan tujuan mencapai cita-cita bersama yaitu mewujudkan masyarakat Nias Maju, Mandiri dan Sejahtera sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Nias periode 2016 – 2021,” harap Bupati.

Peringatan bulan bhakti gotong-royong masyarakat XIV dan HKG ke-45 hal ini merupakan peristiwa penting sebagai pertanda bahwa kita harus memperteguh komitmen pada suatu tujuan untuk perbaikan kesejahteraan keluarga dan sekaligus untuk memperkuat semangat gotong-royong dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Usai acara puncak pembukaan peringatan BBGRM dan HKG sejumlah kegiatan sesuai dengan laporan Yulianus Zai, S.Sos, M.Si Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias menyampaikan bahwa telah melaksanakan seperti kegiatan pembangunan diwilayah kecamatan Hiliserangkai berupa pembukaan dan pembenahan badan jalan dengan panjang sekira 900 meter di Desa Ehosakhozi dari dusun I menuju dusun II dengan menggunakan alat-alat berat milik Pemerintah Kabupaten Nias dan dukungan partisipasi, swadaya dan gotong-royong.


Kemudian meminta kesediaan Bupati Nias dalam rangka penyerahan pagam penghargaan kepada juara lomba desa Kabupaten Nias, penyerahan piagam penghargaan kepada kader Posyandu, seperangkat peralatan gotong-royong diserahkan kepada Camat se-Kabupaten Nias, kemudian menyerahkan berupa penghargaan kepada pelaksana terbaik administraasi PKK, terbaik lingkungan bersih dan sehat, pelaksana terbaik Posyandu, pelaksana terbaik penghapusan KDART, pelaksana terbaik hatinya PKK, dan pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan kelima kejuaraan yang diapreseaasi dengan pemberian hadiah berupa uang pembinaan, piagam penghargaan dan sarana lainnya oleh SKPD yang bertindak sebagai coordinator pelaksana kegiatan.

Reporter : tonazaro harefa



SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: