Saturday, November 11, 2017

Pemko Gunungsitoli Peringati Hari Pahlawan ke-72

MITRAPOL.com – Pemerintah Kota Gunungsitoli melaksanakan upacara peringatan hari Pahlawan ke-72 tahun 2017 di halaman Kantor Walikota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli, SE, M.Si Wakil Walikota Gunungsitoli bertindak selaku pembina upacara, Jumat (10/11/2017).



Dikatakannya, bahwa Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayah sejarah dekolonisasi dunia, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai suku, ras, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bung Karno penah menegaskan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”, tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yakni Republik Indonesia.

Saat ini bangsa akan berharap masa depan yang lebih baik oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres H.M Jusuf Kalla melalui sesbuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong”.

Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan 9 (Sembilan) agenda prioritas pemerintahan kedepan yang disebut NAWACITA, kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorikan kedalam tiga ranah; ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik, ketiga ranah pembangunan tersebut bisa dibedakan tapi tak dapat dipisahkan satu sama lain saling memerlukan pertautan secara sinergis.



Perubahan mental-kultural memerlukan dukungan politik dan material berupa politik kebudayaan dan ekonomi budaya sebaliknya perubahan politik memerlukan dukungan budaya dan material budaya demokrasi dan ekonomi politik. Untuk itu, supaya seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun bagi negeri ini.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-72 ini mengangkat tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”, upacara diisi dengan mengheningkan cipta serentak selama 60 detik dan pembacaan pesan-pesan pahlawan, setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan kepada para veteran dan janda veteran di Kota Gunungsitoli sebanyak 10 orang diantaranya Nurisa Zebua Desa Mudik, Simania Mendrofa Desa Fadoroyou, Sari Isa Tel Desa Hilina’a, Satima Zebua Desa Tumori, Misania Tel Desa Simandraolo, Kadila Zebua Desa madula, Nur Isa Zebua Desa Sifalaete, Sorombowo Ziliwu Desa Hambawa, Helena Waruwu Desa Faekhu, Satima Zega Desa Hilimbowo Olora, bantuan dan bingkisan ini diserahkan secara simbolis kepada salah seorang janda veteran Wakil Walikota Gunungsitoli didampingi Forkopimda dan Sekda Kota Gunungsitoli.

Selanjutnya Wakil Walikota Gunungsitoli didampingi Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, para Staf Ahli, para Asisten dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Nias, dihadiri Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH. MH melaksanakan ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan Gunungsitoli di Jl. Pattimura Desa Mudik Kecamatan Gunungsitoli. Dalam ziarah ini juga dilaksanakan upacara penghormatan, dengan Inspektur Upacara yaitu Dandim 0213 Nias.


Sementara itu, Wakil Walikota menitipkan pesan kepada seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli mengimbau agar bisa menghargai jasa para pahlawan yang telah membela dan merintis kemerdekaan, serta hendaknya memikirkan upaya mengisi kemerdekaan itu menjadi hal untuk mensejahterakan masyarakat, "salah satunya program pensejahteraan masyarakat Pemerintah Kota Gunungsitoli, dan agar seluruh lapisan masyarakat dapat mendukung dan menyukseskan program pemerinta,” harapnya mengakhiri.

Reporter : tonazaro harefa



SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: