Friday, November 10, 2017

Pemkab Nias Peringati Hari Pahlawan

MITRAPOL.com – Pemerintah Kabupaten Nias laksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli, Jumat (10/11/2017).



Bertindak sebagai Pembina Upacara Arosokhi Waruwu, SH. MH Wakil Bupati Nias, turut hadir Kapolres Nias, Dandim 0213/Nias, Sekretaris Daerah kabupaten Nias, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Seluruh Kepala SKPD, Asisten, Staf Ahli Bupati Nias, Kepala Bagian dan staf, ASN, mahasiswa/i Akper Gunungsitoli, STIE Nias, IKIP Gunungsitoli, dan sejumlah hadirin lainnya.

Arosokhi Waruwu, SH. MH Wakil Bupati Nias membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa pada peringatan hari pahlawan 10 Nopember 2017 menyampaikan bahwa setiap tanggal 10 Nopember seluruh bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan, mengenang para pendahulu kita sebagai perintis kemerdekaan, para pendiri republic Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat bangsa yang merdeka bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.



Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita, pesan itu adalah setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memaasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur. Karena itu pesan fundamental itulah makanya peringatan hari pahlawan 10 Nopember 2017 tahun ini dengan tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

Selanjutnya Arosokhi Waruwu, SH. MH menyampaikan bahwa hari pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap rakyat indnesia dari berbagai Ras, Suku, Agama dan berbagai bentuk partikularisme golongan, bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrat, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia.

Pada akhir amanat Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan Arosokhi Waruwu, SH. MH Wakil Bupati Nias mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan di negeri sendiri.


Reporter : tonazaro harefa

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: