Saturday, November 11, 2017

Pemda Malra Lakukan Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

MITRAPOL.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melakukan Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 53 sebagai upaya mendorong program Indonesia Sehat dengan cara pendekatan keluarga yang dilaksanakan Sabtu pagi, 11 Nopember 2017.



Bupati Maluku Tenggara dalam Sambutan Tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Maluku Tenggara Drs. Yunus Serang M.Si mengatakan bahwa Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 di Kabupaten Maluku Tenggara yang diikuti Petinggi Daerah ini dan Jajaran Sekretariat Kantor Bupati Maluku Tenggara serta para Kepala SKPD, Undangan serta pula jajaran Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara dan masyarakat insan Kesehatan khususnya agar dapat merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang telah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif serta rehabilitasi dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia khususnya di Maluku Tenggara.

Masih katanya, Pembangunan Kesehatan pada hakekatnya adalah berbagai upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya.

“Saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular seperti strok, jantung, diabetes dan lain lain,” ujar Wabup.

Secara Umum Gerakan Masyarakat Sehast (GERMAS) bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berprilaku sehat dalam upaya meningkatkan kwalitas hidup sedangkan tujuan khusus adalah meningkatkan partisipasi, “dan peran terhadap masyarakat dengan pola hidup sehat untuk mengurangi beban biaya kesehatan,” imbuhnya.



Berbagai upaya yang dilakukan dalam rangka GERMAS adalah :
1.Peningkatan aktifitas fisik
2.Peningkatan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat
3.Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan Gizi.
4.Peningkatan Pencegahan dan deteksi Dini Penyakit.
5.Peningkatan kwalitas Lingkungan
6.Peningkatan Edukasi Hidup Sehat.

Adapun prinsip dari Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) adalah kerjasama multi sektor dan pemangku kepentingan Antara sektor Kesehatan, akademis, LSM dan sektor-sektor lainnya, keseimbangan masyarakat, keluarga dan individu, pemberdayaan masyarakat, khusus mereka yang mau hidup sehat dan menjadi mitra pengendalian penyakit, penguatan sistim kesehatan, reformasi dan reorientasi pelayanan kesehatan, penguyatan siklus hidup, jaminan kesehatan sosial.

“Semua itu berfokus kepada pemerataan penurunan penyakit karena determinant sosial seperti kemiskinan, gender, lingkungan, budaya, sumber daya manusia dan kemauan politik,” tambahnya.

Saksikan Videonya Disini

Untuk mewujudkan dan memasyarakatkan GERMAS diperlukan sebuah kampanye dan sosialisasi agar tujuan dapat tercapai. Kampanye dan Sosialisasi ini dibutuhkan dukungan peran dari lintas sektor terkait, komitmen dan yang terpenting adalah monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan GERMAS.

Sebelum kegiatan Jalan Santai pagi hari ini, oleh Panitia telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti lomba yel yel serta serangkaian kegiatan lainnya dan pemberian doorprise melalui undian berhadiah usai Jalan santai diawali titik start RSU Hati Kudus Langgur dan finish di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur.

“Semoga Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dapat menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat Kesehatan masyarakat yang lebih baik,” tutup Yunus Serang.

Reporter : nor safsaf




SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: