Friday, November 24, 2017

Pelantikan Dewan Pengurus GMPK di Pendopo Kabupaten Batang

MITRAPOL.com - Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Bibit Samad Riyanto melantik Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Masyarakat Perangai Korupsi (GMPK) bertempat di Pendopo Kantor Bupati Batang Jawa Tengah, Rabu (22/11/2017).



Ketua DPP GMPK RI, Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Riyanto mengatakan, GMPK ini lahir atas keprihatinan masyarakat yang geram atas korupsi di Indonesia. korupsi sudah menggurita dan sangat memprihatinkan, bahkan perilaku korupsi sudah sampai ditingkat Desa.

“Korupsi sudah menjadi hal yang biasa di Indonesia karena di masa penjajahan pun sudah ada, sehingga menjadi penyakit kronis di Indonesia sampai sekarang dan sudah dianggap menjadi kebiasaan, sehingga tidak bisa lagi melihat halal dan haram,” kata bibit Samad Riayanto.

Ia juga mengatakan ada kerawanan korupsi yang harus kita cegah antara lain Lokasi rawan korupsi (Bea Cukai, Pajak termasuk Dana Desa karena di beberapa daerah ada kepala Daerah yang tidak mau didampingi dalam pengelolaan dana Desa hal ini sebenarnya salah karena berpeluang terjadinya korupsi. Kami harap teman – teman GMPK ikut dalam pengawasan jalanya pembangunan pemerintahan di daerah, kepada birokrasi di daerah.

Ia juga menambahkan dengan terbentuknya kepengurusan GNPK yang ada didaerah, diharapkan bisa lebih efektif untuk melakukan pengawasan terhadap perilaku korupsi dimasing-masing wilayah.



“Korupsi adalah sebuah kejahatan dan korupsi dilakukan karena adanya niat, kesempatan, kemampuan serta adanya sasaran yang dikorupsi termasuk kepala Desa yang saat ini telah memiliki sasaran,” imbuhnya.

Untuk kepengurusan DPD GMPK Kabupaten Batang Dewan Pengawas Agus Condro Prayitno, Sudjatmiko Ketua Taufik Surojo, SH, Wakil Ketua Agus Turyanto Sekretaris Ambar Purwito, Wakil Sekretaris Karta Suwanda, SH Bendahara Elia Nuraeni, SH.

Bupati Batang H. Wihaji dalam kesempatan yang sama mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan pegiat anti korupsi dikabupaten Batang ini. Dengan terbentuknya pengurus GMPK, diharapkan semangat dan integritas memerangi korupsi bisa terwujud pada masing-masing pengurus.

“Pentingnya komitmen dan membangun kepercayaan bersama, untuk itu kami mengajak untuk merubah minesite dan cultur walaupun hal ini susah tidak seperti membalikkan telapak tangan tetapi kami akan terus berupaya melakukannya,” pinta Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak untuk bersama-sama berjuang melawan korupsi. Pemerintah Daerah akan mensupport kegiatan ini, selama ada integritas untuk melawan korupsi. Apalagi, kabupaten Batang baru saja memaparkan semangat perang terhadap korupsi melalui sistem E-Goverment di kantor KPK belum lama ini. Diharapkan,dengan terbentuknya kepengurusan GMPK Bisa melakukan pencegahan dan advokasi terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di kabupaten Batang.

Bupati Batang menambahkan pemberantasan korupsi, memerlukan cara- cara yang tidak biasa karena korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa/crime ordinary. Untuk itu ingatkan kami bersama untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

“Ingatkan kami apabila kami dalam bekerja menyimpang dari ketentuan hukum yang berlaku, kami berkomitmen untuk membangun Kabupaten Batang agar lebih maju dan sejahtera,” pungkasnya.


Dalam kegiatan pelantikan Pengurus Pimpinan Daerah GMPK (Gerakan Masyarakat Perangai Korupsi) tersebut juga dihadiri Kapolsek Batang Kota serta jajaran Polres Batang Polda Jawa Tengah.

Reporter : irul


SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: