Tuesday, November 21, 2017

Panwaslu Malra Sukses Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

MITRAPOL.com - Panitia Pengawasan Pemilu Kabupaten Maluku Tenggara sukses melaksanakan sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada beberapa komponen masyarakat di Ballroom Syafira Hotel, Selasa 21 Nopember 2017.



Pelaksanaan sosialisasi Pengawasan Partisipatif melibatkan komponen masyarakat Maluku Tenggara yang terdiri dari siswa/I SMU/SMK, OKP, Organisasi Kategorial, Tokoh Agama, Kaum perempuan serta masyarakat lainnya dan disambut positif oleh peserta.

Ketua Panwaslu Kabupaten Maluku Tenggara Maximus Leftew, S. Sos ditemui disela-sela kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan sosialisasi pengawasan partisipati ini agar dapat mellibatkan masyarakat dalam hal pengawasan pemilu 2018 dan bukan semata-mata dilaksanakan pengawasan oleh Panwaslu.

“Namun semua elemen masyarakat juga terlibat demi pelaksanaan pesta demokrasi yang bersih, berkwalitas dan bermartabat di daerah Maluku Tenggara tercinta ini,” kata Leftew.

Leftew juga berharap agar dengan pelaksanaan sosialisasi pengawasan partisipatif ini kiranya dapat dikembangkan lagi oleh setiap peserta dimana dia berada kepada warga yang ada disekitarnya dan ditempat lain kepada warga lain yang membutuhkan informasi yang jelas.

Dirinya juga menjelaskan tentang keterlibatan ASN didalam pelaksanaan Pemilu ini dengan keberpihakannya kepada Kandidat tertentu maka seseorang yang adalah sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak serta merta menjastifikasi seseorang tanpa data akurat dan tetap berada didalam koridor.
Saksikan Videonya Disini

“Dan apabila ternyata terdapat pelanggaran dalam hal keterlibatan ASN dalam politik praktis maka kami tidak segan-segan menindak sesuai fungsi Panwaslu berdasarkan Undang-Undang Pemilu yang berlaku,” tegas Leftew.

Maximus Leftew juga menjelaskan bahwa pembekalan terhadap Panwascam se Maluku Tenggara pada hari Kamis mendatang hal ini mengalami sedikit keterlambatan dikarenakan setelah dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah kepada Panwascam se Maluku Tenggara bertepatan dengan panggilan mengikuti kegiatan di luar darah sehingga pelaksanaan kepada Panwascam agak terlambat.



“Namun secara marathon dilaksanakan agar semua tahapan dapat terselesaikan dengan baik,” jelas Leftew.

Nara sumber yang hadir dalam memberikan materi terkait pelaksanaan sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini yaitu Ketua Panwaslu (Peran Panwaslu), Pihak Polres Maluku Tenggara (Potensi kerawanan sosial) dan Kejaksaan Negeri Maluku Tenggara serta Komisioner Panwaslu Maluku Tenggara dan ditambahkan bahwa esok Rabu, 22 Nopember 2017 akan dilaksanakan kegiatan yang sama kepada Parpol, Kepala-Kepala Desa/Ohoi serta Badan Saniri Ohoi (BSO).

Ditempat yang sama Jimi Renjut Ketua KNPI Maluku Tenggara saat dimitai tanggapannya terhadap pelaksanaan sosialisasi pengawasan partisipatif oleh Panwaslu Maluku Tenggara dirinya memberikan apresiasi kepada jajaran Panwaslu Kabupaten Maluku Tenggara atas terlaksananya kegiatan ini, dan walaupun baru dilantik beberapa waktu yang lalu namun dapat menjalankan tugas sesuai amanat Undang-undang Pemilu.

“Kami pemuda Maluku Tenggara juga merasa bertanggung jawab terhadap pelaksanaan Pemilu nanti berdasarkan tahapan penyelenggaraannya secara partisipatif,” pungkas Renyut.

Reporter : nor safsaf



SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: