Monday, November 13, 2017

Panwaslu Malra Lantik 33 Panwascam Maluku Tenggara

MITRAPOL.com - Ketua Panwaslu Kabupaten Maluku Tenggara Maximus Leftew S.Sos melantik dan mengambil sumpah jabatan terhadap 33 personil Panwascam dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Maluku Tenggara Sabtu 11 Nopember 2017.



Pelaksanaan pengambilan sumpah jabatan serta pelantikan kepada 33 personil Panwascam hasil penyaringan dari semua tahapan yang telah dilalui Komisioner Panwaslu Kabupaten Maluku Tenggara untuk 11 Kecamatan di Kabupaten Maluku Tenggara, Sabtu malam di Kimson Center Langgur yang dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Maluku Tenggara, Pimpinan beserta Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara, Sekretaris Daerah serta Staf ahli Bupati, Para Asisten dan Pimpinan Satuan Perangkat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara, Komandan Kesatuan TNI dan Polri, Komisioner KPUD Maluku Tenggara, Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Tenggara serta 33 personil Panwascam yang akan dilantik dan sumpah jabatan serta undangan lainnya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Maluku Tenggara Maximus Leftew, S.Sos mengambil sumpah jabatan serta melantik 33 personil Panwascam berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sebelumnya dirinya bertanya kepada 33 personil yang akan dilantik bahwa bersediakah saudara diambil sumpah menurut agamamu masing masing?.

Jawabnya saya bersedia, pasalnya juga mengatakan bahwa sumpah yang saudara ikrarkan nanti selain disaksikan oleh kita semua yang hadir disini, juga disaksikan dan didengar oleh Tuhan Yang Maha Esa karena Tuhan itu Maha Tahu sehingga setelah pengambilan sumpah dan janji serta pelantikan nanti kelak Saudara akan melaksanakan tugas dan tanggung jawabmu sesuai Sumpah dan janji yang saudara ikrarkan kemudian dilanjutkan dengan acara pengambilan sumpah/janji serta pelaksanaan pelantikan yang diidampingi dua rekan Pimpinan Komisioner Panwaslu Maluku Tenggara serta tiga Rohaniwan, Islam, Kristen Protestan dan Katolik serta para Saksi.

Ketua Panwaslu Maluku Tenggara dalam Sambutan yang disampaikan dalam bentuk lisan ini lebih khusus ditujukan kepada 33 personil Panwascam yang baru dilantik mengatakan bahwa dirinya merasa perlu menyampaikan beberapa hal penting yang merupakan warning kepada kita sekalian dalam jajaran Panwaslu Malra maupun Panwascam se Kabupaten Maluku Tenggara bahwa kita semua yang hadir dilembaga ini datang dengan berbagai latarblakang dan kepentingan.

Saksikan Videonya Disini

“Namun semuanya itu ditinggalkan karena kita sudah berada dalam sebuah koridor Peraturan Perundang-undangan Pemilu, ingat bahwa tugas kita adalah mengawasi penyelenggara Pemilu, Peserta Pemilu, Peserta Pemilih namun kita juga diawasi oleh masyarakat di Maluku Tenggara ini sehingga kembali saya ingatkan bekerjalah secara profesionalisme, memiliki kompetensi serta integritas menuju kepada Pemilu yang berkwalitas dan bermartabat, kita dibatasi dengan Kode Etik sehingga didalam tutur kata serta tindak laku kita disaksikan dan dilihat oleh masyarakat dengan ini apabila tidak hati hati maka kita tidak memproses orang lain akan tetapi terbalik kita diproses sehingga sebagai Ketua Panwaslu Maluku Tenggara saya tekan hal ini sebelum Saudara dibekali,” tegas Leftew.

Leftew juga menegaskan kembali bahwa Panwas harus memiliki integritas dan dirinya mengatakan integritas Panwas hanyalah satu pilar untuk bersama dengan pilar-pilar lain sebagai penyangga demokrasi ini.

Sementara Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun dalam sambutan yang dibacakan Asisten 2 Setda Maluku Tenggara Ir. Lucky Retraubun mengatakan bahwa Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan se Kabupaten Maluku Tenggara yang baru dilantik serta pengambilan sumpah/janji tadi telah mengemban tugas dan tanggung jawab yang sungguh-sungguh amanah, demi Daerah yang kita cintai bersama.



“Pemilihan umum itu merupakan perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan Pemerintahan yang demokratis yang didasarkan pada undang-undang tentu bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil yang hanya dapat terwujud apabila Penyelenggara Pemilu memiliki integritas yang tinggi serta memahami dan menghormati hak-hak sipil dan politik dari warga Negara,” paparnya.

Bupati Maluku Tenggara juga menegaskan bahwa keberhasilan penyelenggaraan Pemilu terletak pada kesiapan dan profesionalisme Penyelenggara Pemilu pada semua Tingkatan, dan juga pada perbaikan menuju peningkatan kualitas penyelenggaraan Pemilu yang mencakup berbagai aspek diantaranya perbaikan jadwal dan tahapan serta persiapan yang semakin memadai.

Bupati Maluku Tenggara juga mengingatkan kepada keluarga besar penyelenggara Pemilu Baik pihak KPUD maupun Panwaslu dan Panwascam se Kabupaten Malkuku Tenggara termasuk institusi formil lainnya yang terpilih saat ini adalah pribadi-pribadi yang special dan memiliki kemampuan mumpuni untuk menyelenggarakan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku serta Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara 2018 nanti.

“Khusus kepada Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Saudara-saudara memiliki tugas dan wewenang mengawasi semua tahapan penyelenggaraan pemilihan di tingkat Kecamatan, mengawasi penyerahan kotak suara tersegel kepada KPU Propinsi maupun Kabupaten dan menerima laporan pengaduan sebagai dugaan pelanggaran terhadap tahapan penyelenggaraan pemilihan baik yang dilakukan oleh penyelenggara maupun peserta pemilih dan masyarakat, menyampaikan temuan dan laporan kepada Panwaslu Kabupaten untuk ditindak lanjuti. Meneruskan laporan dan temuan yang bukan menjadi wewenangnya kepada instansi yang berwenang atas temuan tersebut,” ujarnya.


“Jalankan tugas anda dengan amanah serta Sumpah/janji yang anda ucapkan mengandung tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, Negara, dan bangsa ini. Semoga Tuhan senantiasa meliundungi dan menyertai Saudara sekalian didalam menjalankan tugas pengabdian ini,” tutupnya.

Reporter : nor safsaf

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: