Saturday, November 18, 2017

Menunggu Roboh, Gedung SDN 3 Wangunjaya Urung Direnovasi

MITRAPOL.com - Sebanyak empat ruang kelas di SDN 3 Desa Wangunjaya Kecamatan Cigemblong Lebak-Banten kini dalam keadaan rusak berat dan memprihatinkan?.

SDN 3 Desa Wangunjaya yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Pasalnya, seluruh ruang kelas sudah tidak layak lagi digunakan untuk tempat belajar dan mengajar, lantaran kondisi lantai, badan dan atap bangunan yang nampak kotor, kumuh, rapuh serta tidak menyehatkan. Bahkan yang lebih parah lagi, sekolah tersebut sudah sangat mengancam keselamatan jiwa dari para murid dan guru yang sewaktu-waktu bisa menipah mereka.

Saat MITRAPOL.com mendatangi lokasi SDN 3 Desa Wangunjaya Kecamatan Cigemblong itu, nampak kegiatan belajar dan mengajar masih berjalan. Sehingga terlintas untuk mempertanyakan beberapa hal kepada Saudi Kepala SDN 3 terkait pengalokasian Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) yang selama ini disalurkan oleh pemerintah.

"Dari dana BOS piling mampu untuk beli paku dan kami beserta guru honorer dan komite memperbaiki semampunya saja, " beber Saudi saat ditemui MITRAPOL.com, Jumat (17/11).

Diketahui bahwa Saudi merupakan Kepala Sekolah satu-satunya yang menjabat sebagai PNS di sekolah tersebut, dengan dibantu oleh enam tenaga guru honorer. Saudi mengaku selama ini sangat khawatir dengan keselamatan jiwa para guru dan murid yang menjadi tanggung jawabnya.

Dengan demikian Saudi terpaksa memerintahkan untuk mengosongkan satu ruangan gedung yang paling rusak, lalu menggabungkan murid dari kelas 1 dengan kelas 2 lalu kelas 3 dengan kelas 4 dan kelas 5 dengan kelas 6. (baca juga : Miris 4 Ruang Kelas SDN 3 Wagunjaya Urung Direnovasi)

“Upaya tersebut agar para murid dapat belajar ditempat yang aman dan agak kokoh," tandasnya.

Saksikan Videonya Disini

Saat ditanya terkait tanggapan dari pihak UPT Pendidikan Kecamatan Cigemblong, dirinya mengaku bahwa selama ini pihak UPT sudah sangat berupaya semaksimal mungkin untuk mengajukan ke Dinas pendidikan kabupaten lebak dan akan dibangun pada tahun 2018.



"Saya berharap ditahun 2018, pengajuan untuk perbaikan gedung sekolah SDN 3 Wangunjaya dapat segera direalisasikan," tukas Saudi.

Amat disayangkan sikap Pemerintah baik UPT dan Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak yang semestinya bisa membuka mata hati serta berpikir untuk mengutamakan gedung sekolah yang seperti ini, agar tidak ada ketimpangan dalam pembangunan.

Mengingat pada tahun 2017 sudah banyak sekolah yang masih terbilang jauh lebih bagus dibanding SDN 3 Wangunjaya justru di prioritaskan, baik mendapat bantuan pembangunan untuk Ruang Kelas Baru (RKB) maupun rehabilitasi. Sementara gedung sekolah yang sudah bisa disebut tidak layak dan bisa dikatakan tinggal menghitung hari bakal roboh malah justru diabaikan?.

Hal ini bisa menjadi sebuah gambaran bahwa ada kesan pembiaran dari pihak terkait dan bukti nyata sebuah kinerja yang kurang baik.

Reporter : CS




SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: