Wednesday, November 1, 2017

Luas Lahan Sawah di Nabire Terus Meningkat

MITRAPOL.com - Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian (PSP) Novir Pawang dan Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Ir. Abubakar menjelaskan bahwa luas lahan sawah di Kabupaten Nabire terus meningkat, Selasa (31/10/2017).



Diruang kerjanya, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Novir Pawang menjelaskan, dari hasil peninjauan langsung lahan sawah yang baru di kampung Wami Distrik Yaur Kabupaten Nabire, bahwa luas lahan sawah di Nabire terus meningkat dari tahun 2015 seluas 2000 hektar (ha). Dan di tahun 2016 kembali di buka 1000 hektar lahan baru, dan pada tahun 2017 kembali bertambah lahan sawah seluas 500 hektar, sehingga luas lahan sawah di Kabupaten Nabire hingga tahun 2017 seluas 3.500 hektar.

Novir Pawang

"Dari luas lahan sawah 3500 hektar, maka pembangunan Kabupaten (Pemkab) melalui dinas pertanian terus berupaya dalam meningkatkan produksi gabah tiap tahunnya, terkait dengan para petani orang Papua asli (OAP), yang menjadi petani padi bahwa hanya 10 persen dari total jumlah seluruh petani yang ada, menurut penilaianya bahwa petani OAP akan terus meningkat lewat sosialisasi serta pembinaan dari pihak dinas pertanian setempat agar mereka bisa menjadi petani yang unggul di Kabupaten Nabire,” jelasnya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Ir. Abubakar menambahkan, semua lahan yang ada tetap setiap tahun terus digarap dan rata-rata petani dalam setahun bisa dua kali musim tanam.

Ir. Abubakar
"Saya berharap lewat rutinitas pembinaan dan pengawasan yang kami laksanakan bisa meningkatkan produksi padi dan kami akan terus berupaya untuk membuka lahan baru dan selalu mengadakan pembinaan serta pengawasan mulai dari pembukaan lahan, musim tanam hingga musim panen," tutupnya.

Reporter : ronald karambut

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: