Wednesday, November 22, 2017

Launching Pojok Baca Kelurahan Pekojan

MITRAPOL.com – Salah satu program pendukung untuk mewujudkan Compassionate Village adalah pojok baca untuk warga di kantor Kelurahan Jl. Pekojan III No.97, RT.3/RW.9, Pekojan, Tambora, Kota Jakarta Barat.



Program tersebut merupakan fasilitas warga dan pelajar untuk mendapatkan akses literasi yang memadai.

Peresmian Pojok baca ini dilangsungkan bersamaan dengan ToT Litwrasi untuk warga. Lurah Pekojan, Tri Prasetyo Utomo SKM, SH, MSi membuka program training sekaligus meresmikan Pojok Baca. Sementara Training for Trainer dipandu oleh Sulistiyo, Praktisi pendidikan dari Yasmin Learning Center, Ciputat.

Sebagai tahap awal, telah dihibahkan ratusan judul buku untuk masyarakat Pekojan. Koleksi buku-buku mencakup buku-buku anak, remaja dan umum. Ke depan Compassionate Village akan terus menambah koleksi buku-buku.

Menurut Lurah Pekojan Tri Prasetyo Utomo, SKM, SH, MSi pojok baca Kelurahan Pekojan diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga, sekolah sekitar dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan secara universal.



“Semoga Pekojan dapat menjadi pionir sebagai Compassionate Village di Indonesia. Training Melatih Membaca dan Bercerita pada Anak, Literasi merupakan keterampilan terpenting untuk anak di abad 21,” katanya.

Karena itu, Compassionate Village yang bersinergi dengan kelurahan Pekojan merintis program literasi untuk warga. “Progam ini mencakup training Melatih Membaca dan Bercerita pada Anak, budaya membaca warga sekaligus memfasilitasi dengan perpustakaan dan pojok baca,” urainya.

Masih katanya, Training diikuti oleh 29 peserta dari ibu-ibu warga Pekojan yang mewakili berbagai RT dan RW. Pelatihan ini mengupas dan sekaligus praktek membaca buku besar (big book), reading Aloud dan cara mendongeng berbasis karakter pada anak.

“Agar program berkelanjutan, Pekojan sebagai model Compassionate Village secara rutin akan menggelar training-training lanjutan mencakup training mencatat kreatif untuk remaja, training speed reading dan menggulirkan gerakan ibu membaca,” ucap Tri Prasetyo.


“Program-program tersebut diharapkan mampu mendukung pemanfaatan perpustakaan dan pojok baca, dan dalam jangka panjang mampu meningkatkan kualitas warga dan pelajar di Pekojan di bidang literasi,” pungkasnya.

Reporter : sukemi/samal
Editor : andrey



SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: