Sunday, November 12, 2017

KPU Kota Gunungsitoli Laksanakan Verifikasi Faktual Terhadap Keanggotaan Eksternal Parpol

MITRAPOL.com – Dalam rangka pelaksanaan penelitian administrasi dan verifikasi faktual/klarifikasi terhadap kegandaan keanggotaan eksternal Partai Politik berdasarkan identifikasi kegandaan yang dilakukan KPU RI melalui SIPOL, KPU Kota Gunungsitoli laksanakan verifikasi faktual/klarifikasi terhadap kegandaan keanggotaan eksternal Partai Politik kepada anggota partai Politik di kecamatan dan desa/kelurahan se-Kota Gunungsitoli dilaksanakan mulai tanggal 07 sampai dengan 13 Nopember 2017 di kecamatan dan desa/kelurahan se-Kota Gunungsitoli.



Hal tersebut disampaikan Sokhi’atulo Harefa, S.IP melalui suratnya tertanggal 06 Nopember 2017 Nomor 256/PL.01.1-SD/1278/KPU-Kot/XI/2017 perihal pemberitahuan dan Suratnya ditunjukan Kepada Panwaslih Kota Gunungsitoli dengan tembusan Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara.

Ketua Panwaslih Kota Gunungsitoli Endra Amri Polem, S.Pd mendelegasikan kepada Nur Alia Lase, S.Pd Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga melalui akun resmi Panwaslih Kota Gunungsitoli meneruskan kepada staf Panwaslih Kota Gunungsitoli untuk saling bersinergi kepada masing-masing seluruh Panwascam dengan petugas penelitian administrasi dan verifikasi faktual/klarifikasi terhadap kegandaan keanggotaan eksternal Partai Politik berdasarkan identifikasi kegandaan yang dilakukan KPU Kota Gunungsitoli yang dibuat dalam laporan harian/mingguan (LHPP) untuk diserahkan kepada Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga di Panwaslih Kota Gunungsitoli.

Data Ganda Parpol
Panwascam Gunungsitoli Utara yang melakukan pemantauan dilapangan saat kunjungan Tim KPU Kota Gunungsitoli dihadiri langsung Sokhi’atulo Harefa, S.IP Ketua KPU Kota Gunungsitoli didampingi anggotanya Ya’atulo Harefa Sabtu, (11/11/2017) saat berkunjung di Desa Hambawa Kecamatan Gunungsitoli Utara bersama Ketua Panwascam Gunungsitoli Utara Alfrend Ziliwu, M.Pd.K dalam rangka verifikasi faktual/klarifikasi terhadap kegandaan keanggotaan eksternal Partai Politik di Wilayah Desa Hambawa. 

Sementara saat kunjungan Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sokhi’atulo Harefa, S.IP yang didampingi Tim Ya’atulo Harefa dan anggota PPS Agusman Dawolo Ketua, Aprianus Dawolo Anggota dan Mawar Novita Zai Anggota diterima langsung Plh. Kades Teluk Belukar Yasidin Mendrofa dirumahnya, turut dihadiri anggota Panwascam Gunungsitoli Utara Tonazaro Harefa Divisi Oraganisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM), Melianus Laoli, S.Pd Divisi Penindakan Pelanggaran.

Pada penelitian administrasi dan verifikasi faktual/klarifikasi terhadap kegandaan keanggotaan eksternal Partai Politik di Desa Teuk Belukar Kecamatan Gunungsitoli Utara terdapat 3 (tiga) nama ganda dalam kepengurusan Parpol yaitu : Dinaria Mendrofa dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Atosokhi Zega (Ama Yaki) dan Yuniria Zendrato Partai Amanat Nasional.



Yasidin Mendrofa sesuai penjelasannya kepada Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sokhi’atulo Harefa, S.IP mengatakan bahwa atas nama Dinaria Mendrofa benar warganya dan sekarang tidak berada di desa dan telah pergi ke rumah saudaranya di Batam Kepualauan Riau, sekaligus Kades mengeluarkan surat keterangan tidak berada dalam desa yang diserahkannya kepada Ketua KPU Kota Gunungsitli, sementara tentang An. Atosokhi Zega mengakui bahwa dianya tidak terlibat dalam dua Partai Politik dan An. Yuniria Zendarato hanya mengakui dia hanya bergabung di Partai Amanat Nasional (PAN).

Pada kesempatan tersebut Yasidin Mendrofa Plh. Kades Teluk Belukar kepada MITRAPOL.com mengatakan bahwa kunjungan ketua dan tim untuk melakukan verifikasi faktual/klarifikasi terhadap kegandaan keanggotaan eksternal Partai Politik di desanya dan kita berterima kasih dan memberi penjelasan serta pelayanan yang baik secara transparan sebagaimana data yang diharapkan.

Sementara Sokhi’atulo Harefa, S.IP Ketua KPU Kota Gunungsitoli mengakui bahwa sudah 2 (dua) kali berkunjung di Desa Teluk Belukar dan awalnya kita tidak ketemu dengan yang namanya tertera diatas, dan pada kunjungan kali ini kita mengucapkan terima kasih kepada pimpinan pemerintahan desa Teluk belukar atas perhatiannya.


“Dimana dapat memberikan penjelasan serta bukti otentik tentang keberadaan yang bersangkutan hal-hal kebersamaan seperti ini yang perlu dipupuk pada masa yang akan datang, sekaligus menitipkan anggota PPS Desa Teluk Belukar yang telah di lantik beberapa hari yang lalu, kemudian kita berharap kiranya masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan sukses pada pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah Gubernur Sumatera Utara pada 27 Juni 2018 yang akan datang,” pungkasnya.

Reporter : tonazaro harefa

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: