Wednesday, November 22, 2017

Kasat Bhimas Polres Batang : Fokus Selamatkan Generasi Muda

MITRAPOL.com - Kini fokus untuk menyelematkan generasi muda dari tindakan yang bisa merusak masa depannya. Hal ini perlu dilakukan lantaran mereka merupakan andalan dan harapan agar bisa membangun dan mempertahankan negara Indonesia.


Supaya bisa menjaga dari tindakan yang dapat merusak moral generasi muda, perlu adanya pembinaan mental sejak dini, mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Demikian dikatakan Kasat Binmas Polres Batang AKP Juharno saat ditemui terkait kenakalan remaja yang sering terjadi di masyarakat, Rabu (22/11/17).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menjadikan generasi penerus berbuat seperti itu. Di antaranya kecanggihan teknologi di zaman sekarang yang mudah diakses oleh mereka, seperti media sosial yang jumlahnya cukup banyak.

''Hanya melalui handphone, siswa dan pelajar bisa membuka sejumlah situs di internet maupun medsos dengan mudah,'' katanya.

Sebenarnya jika pengawasannya ketat, efek dari kecanggihan teknologi bisa diminimalisir. Paling tidak, mereka hanya bermain game online yang sifatnya permainan hiburan. Namun apabila lengah, para penerus bangsa ini bisa terjerumus dalam hal negatif, seperti pornografi, tindak asusila, perjudian, perkelahian pelajar, dan lainnya.



"Untuk mencegah kekhawatiran seperti itu, sebagai Kasat Binmas, Juharno meminta agar adanya sinergi antara pihak pengajar, dalam hal ini guru di sekolah dengan orang tua murid. Ketika di sekolah, pengawasan terhadap penggunaan telepon genggam harus diperketat. Sedangkan orang tua, harus bisa menyempatkan waktunya untuk memantau perkembangan dan pergaulan putra putrinya," jelasnya.

Bahkan jajaran Polres Batang pun juga berupaya untuk menangggulangi masalah ini dengan menjadi pembina upacara di sejumlah sekolahan. Bahkan kesempatan bertemu langsung dengan para pelajar dimanfaatkan sebaik mungkin dengan memberikan pengarahan mengenai hal tersebut.

''Ini sudah menjadi tugas dari Polres Batang untuk mendidik dan membina generasi muda dari segala bentuk kenakalan remaja,'' tandasnya.

Selain waspada terhadap bahaya kecanggihan teknologi, pihak kepolisian juga serius dalam menangggulangi soal narkoba. Barang haram ini bukan hanya bisa merusak akal dan moral para pelajar, namun juga bisa menyebabkan kematian bagi penggunanya.

Untuk itu dia berpesan kepada seluruh pelajar dan warga di Batang, berhati-hatilah dan waspada dalam menjalin hubungan pertemanan. Jika sampai terlena, maka bakal terjerumus dalam dunia narkoba yang memang sangat membahayakan masa depan. "Sekali mengonsumsi narkoba, maka akan menjadi ketagihan dan terus menerus mencari barang maksiat itu," ungkapnya.

Reporter : irul


SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: