Friday, November 17, 2017

Kapolsek Warungasem Turunkan Pelajar yang Naik Diatap Mobil

MITRAPOL.com - Tak ingin terjadi kecelakaan, Kapolsek Warungasem Polres Batang Polda Jawa Tengah AKP Akhmad Almunasifi, S.H., menghentikan kendaraan dan menurunkan beberapa pelajar yang naik di atap kendaraan. Hal tersebut dilakukan pada saat patroli sambang desa melintas di jalan raya Desa Sidorejo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang Jawa Tengah berpapasan dengan mobil angkutan yang melebihi kapasitas, Rabu (15/11/2017).



Setelah menepikan mobil patroli karena jalan sempit untuk lalu lalang kendaraan kemudian menurunkan penumpang, lalu Kapolsek Warungasem didampingi Bhabinkamtibmas Supriyono memberikan pesan kamtibmas kepada sopir dan penumpang terkait keselamatan.

"Mengangkut penumpang yang melebihi kapasitas yang berada di atas atap mobil hingga bergelantungan di pintu sangat berbahaya bagi keselamatan dan juga melanggar aturan," kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, hal itu terjadi karena penumpang dan sopir acuh tak acuh terhadap keselamatan diri maupun penumpangnya.

Di sisi lain, di Warungasem belum pernah ada kejadian penumpang terjatuh dari angkutan umum, sehingga membuat sopir merasa tidak masalah membiarkan penumpang diatas atap dan bergelantungan serta penumpang merasa aman.

“Apa harus ada kejadian dulu baru mereka sadar Justru sebelum ada kejadian semua pihak harus sadar,” tandas Kapolsek Warungasem AKP Akhmad Almunasifi.



Ia menegaskan, bahwa yang dilakukan dengan memperbolehkan penumpang naik di atap dan bergelantungan sangat berbahaya dan juga melanggar hukum karena tidak sebagaimana mestinya yang dapat menyebabkan kecelakaan dan berakibat fatal bahkan bisa jatuh korban jiwa,"jelasnya.

"Kami mengimbau agar para sopir angkut maupun kendaraan penangkut barang untuk patuhi aturan dan sesuaikan peruntukanya. Kendaraan bak terbuka bukan untuk mengangkut orang.

Kami juga berharap peran aktif semua komponen masyarakat tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara dan tertib berlalulintas.

Selanjutnya, setelah memberikan imbauan baik pada sopir ataupun pelajar, petugas mencatat identitas dan teguran keras pada sopir. Sedangkan penumpang diturunkan beralih ke kendaraan lain.

Ia menambahkan, kita harus berperan aktif memberikan imbauan dan edukasi sejak dini khususnya para pelajar tentang keselamatan berlalulintas agar mereka tertib dalam berlalu lintas karena manfaatnya banyak serta mereka sendiri yang merasakan.

“Apabila dijumpai lagi pelanggaran seperti itu kedepan akan dilakukan upaya tegas dengan pemberian tilang kepada sopir angkutan. Dengan demikian sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” pungkasnya.

Reporter : irul

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: