Wednesday, November 8, 2017

Kapolsek Limpung : Terkait Pengawasan Polri Terhadap Dana Desa, Kades Jangan Takut

MITRAPOL.com - Kapolsek Limpung Polres Batang Polda Jawa Tengah AKP Raharja, S.H., M.H., minta pada Kepala Desa tidak perlu takut terhadap pengawasan Polisi dalam penggunaan dana Desa setelah ditandatanganinya nota kesepahaman antara Kepolisian RI, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.



"Yang jelas tidak ada niatan dari Polri untuk menakut nakuti aparatur Desa dalam hal ini Kepala Desa yang akan menggunakan dana Desa. Kita akan mendukung supaya dana Desa itu nanti benar-benar dipergunakan sesuai dengan peruntukannya," kata Kapolsek dihadapan seluruh Kades se kecamatan limpung bertempat di rumah Kepala Desa Kepuh Ahmad Mubarok, Minggu (5/11/2017).

Ia berpesan pada Kades dalam menggunakan dana Desa bisa memegang teguh amanah sebagai upaya untuk menyejahterakan masyarakat.

"Selebihnya, Kepala Desa tidak perlu takut dalam mengelola dana Desa, asal sesuai dengan regulasi yang berlaku. Pembinaan melalui proses hukum merupakan pilihan terakhir apabila kepala Desa sudah diingatkan tetapi tidak mau mendengarkan," tegasnya.

Kapolsek mengharapkan kepada seluruh Kades di Kecamatan Limpung untuk sama sama bekerjasama dan berkoordinasi

“Sebagai awal transparansi saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh kepala Desa yang sudah memasang papan bener di depan Balai desa yang berisi program dan rincian anggaran yang di susun sesuai Musrenbangdes,” tutur Raharja.

Senada Wakapolsek Limpung Polres Batang Iptu Sayoko, S.H. menambahkanjuga bahwa seluruh administrasi pelaporan harus di buat sesuai dengan kegiatan yang telah di laksanakan.

“Banyak sekali modus penyimpangan, sehingga diharapkan administrasi dibuat sesuai regulasinya untuk menghindari terjadinya penyalah gunaan yang tidak sesuai peruntukanya. Jangan sampai termasuk dalam tindak pidana korupsi," tambahnya.

Sementara itu, Camat Limpung Drs Windu Suriadji, M.M., menyampaikan apresiasi langkah preventif yang di ambil Kapolsek beserta jajaranya.

“Upaya yang di ambil oleh Muspika bertujuan untuk mengingatkan agar kelak di kemudian hari tidak terjadi penyelewengan di Desa,” ucap Windu.

Kepala Desa Kepuh Ahmad Mubarok sebagai tuan rumah sangat mengapresiasi langkah Polsek Limpung dengan menyampaikan kepada para Kades.

“Terimakasih Pak Kapolsek atas pembinaanya, pertemuan rutin panguyuban Kades Sang Pamomong sebagai sarana bertukar pikiran dan berdikusi menambah wawasan ,masalah kegiatan pengawasan dan pendampingan kami akan selalu berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas sebagai petugas wujud sinergitas di lapangan,” ucap Mubarok.

Senada dengan Kades Kepuh, Muhamidin Kepala Desa Wonokerso juga menyampaikan, “Sebagai Mitra Polri saya sangat senang dengan pembinaan ini memang tidak di pungkiri kehadiran Bhabinkamtibmas di Desa sangatlah cocok dalam pendampingan dana Desa karena sangat memahamni seluk beluk masyarakat dan pemerintahan serta program program yang yang telah di sepakati bersama,” pungkasnya.

Reporter : irul

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: