Friday, November 24, 2017

Kapolsek Geringsing : Penggunaan Dana Desa Harap Tepat Sesuai Peruntukannya

MITRAPOL.com - Rapat koordinasi antara Muspika Gringsing dengan Kepala Desa dan Pendamping lokal Desa (PLD) guna membahas tentang dana desa bertempat di Cafe Dolly PTPN-IX desa Plelen, Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, Rabu (22/11/17).



Dalam kegiatan tersebut dihadiri Camat Gringsing, Kapolsek Gringsing Polres Batang didampingi Kanit Binmas, Danramil Gringsing, Kepala Desa se Kecamatan Gringsing, PLD (Pendamping lokal Desa) se Kecamatan Gringsing, Kasie PMD Kecamatan Gringsing Suritno.

Dalam sambutannya Camat Gringsing Drs. Rusmanto, M.Si. mengatakan, agar Kepala Desa menjalankan pembangunan yang bersumber dari dana desa sesuai RAB.

"Jangan ada mark up karena dana desa yang mengawasi berlapis dari berbagai instansi dan jangan ada kades yang terjerat kasus hukum karena masalah dana desa," tegas Camat Gringsing Drs. Rusmanto.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Gringsing Polres Batang AKP Sugiyanto, S.H. Polri ditugaskan oleh pimpinan atas dasar MOU antara Kapolri dengan Mendes PDTT dan Mendagri untuk ikut mengawasi dana desa dengan mengedepankan Kapolsek dan Bhabinkamtibmas.

"Kepala Desa bekerja sesuai dengan tupoksinya dan jangan main main dengan dana desa karena pasti kalau ada audit dan tidak sesuai dengan RAB maka berimplikasi kepada hukum dan tentunya kepala desa yang bertanggung jawab, oleh karena itu kades harus selalu terjun ikut serta dalam proses pembangunan yang bersumber dari dana desa," jelas Kapolsek Gringsing AKP Sugiyanto.



Ia menambahkan di Kecamatan Gringsing tidak ada Kades yang bermasalah dengan dana Desa, kalau ada permasalahan segera komunikasi dengan Muspika Gringsing utk mencari solusi/pemecahan yang terbaik, serta terpenting gunakan jalur komunikasi yang baik untuk proses pembangunan dan pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Saat ini sudah memasuki cuaca hujan dan menurut perkiraan cuaca dari BMKG kemungkinan terjadi anomali cuaca agar selalu melibatkann gotong royong membersihkan selokan yang tersumbat dan tidak lupa menggiatkan poskamling," imbuhnya.

Dalam sambutannya ketua paguyuban Kades sang pamomong Gringsing R. Suhadi Kades Mentosari mengatakan Paguyuban Kades Gringsing berusaha akan melaksanakan pembangunan di desanya sesuai jalur dan RAB yang sudah dibuat dan jangan sampai terjerat kasus hukum dalam penggunaan dana Desa.

"Berusaha selalu koordinasi dengan muspika apabila ada kesulitan dalam penggunaan dana Desa agar proses pembangunan berjalan dengan baik dan tidak melanggar hukum, dan juga membuat pelaporan dana Desa sesuai dengn kenyataan di lapangan/kesesuaian tidak ada mark up," pungkasnya.

Reporter : irul




SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: