Wednesday, November 8, 2017

Imigrasi Kelas II Tanjung Pandan Siap Pantau WNA

MITRAPOL.com – Sesuai intruksi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F Sompie, dalam hal pencegahan Tenaga Kerja Ilegal, Jajaran Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungpandan Belitung siap melakukan pemantauan warga negara asing (WNA) di Pulau Belitung.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungpandan beserta jajaran

“Keberadaan orang asing di Belitung sudah terdata. Mayoritas, WNA yang tinggal di Belitung bekerja di perusahaan sawit dan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suge, Pegantungan Belitung,’’ ujar Kepala Kantor Imigrasi Tanjungpandan Eddy Erawan.(7/11-17)

Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie
Ketika disinggung mengenai adanya dugaan WNA ilegal yang masuk ke Belitung, kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungpandan Eddy Erawan mengaku belum mengetahui soal itu. Menanggapi hal itu, sebagai kepala kantor dia akan terus melakukan pantauan dengan ketat di sejumlah titik Belitung, salah satunya di Bandara. Diketahui, bandara sebagai pintu utama masuknya WNA ke Pulau Belitung. Baik itu kunjungan untuk berwisata maupun tujuan lain seperti bekerja.

Eddy Erawan mengharapkan juga adanya peran masyarakat dalam melakukan pengawasan dan pendataan WNA. Khususnya WNA yang tak melakukan prosedur yang benar dalam masuk ke wilayah RI, seperti tak dilengkapi dokumen resmi. “Jika masyarakat mengetahui indikasi adanya pekerja asing ilegal yang bekerja di Belitung, harap lapor ke kami, kita akan tindaklanjuti,” tambahnya.

Kantor Imigrasi Tanjungpandan juga tak akan segan untuk bertindak tegas terhadap WNA ilegal yang berada dan bekerja di Pulau Belitung. Selain itu, Pihak Imigrasi juga akan ketat memeriksa kelengkapan dokumen WNA yang tinggal dan bekerja di Belitung.

Penulis : DR


SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: