Friday, November 24, 2017

Gandeng ACC, Disbudpar Siemulue Gelar Pentas Seni

MITRAPOL.com - Pemerintah kabupaten Simeulue melalui dinas budaya dan pariwisata Simeulue menunjuk Art Community Center (ACC) untuk menyelenggarakan acara pentas seni yang bertajuk Refleksi Karya Gemilang menuju Revitalisasi Seni, di Sinabang, Jum'at, (24/11/2017).



Produser Event ACC Sutriadi menjelaskan bahwa ACC merupakan gabungan seniman daerah kabupaten Simeulue, yang lahir dari ide positif putra- putra daerah Simeulue yang cinta akan seni-budaya.

ACC merupakan wadah untuk menggeliatkan jiwa berkesenian guna memotivasi bidang seni, pada umumnya dan berkerja lintas sektoral di Simeulue maupun Aceh pada umumnya," ujarnya didampingi asisten ACC, Karina Purwanti, Jum'at (24/11/2017).

Setelah sukses pada acara medio tahun 2010 lalu, ACC pernah dipercaya oleh pemda melalui Disbudparpora Simeulue berkerjasama dgn BPD (Bank Aceh) dan PLN ranting Lasikin sebagai penyelanggara event akbar bertajuk Kendang Safano Festival yang melibatkan 300 penandong dari 138 desa di kabupaten Simeulue.



"Menuju Revitalisasi seni adalah proses mencari cara atau perbuatan untuk menghidupkan, menggeliatkan kembali yang terlupakan dan meriset seni yg telah terpendam," ucapnya.

Sementara itu salah satu pelaku seni, Suandi mengatakan bangga dengan adanyapegelaran senibudaya tersebut sehingga dapat mengingatkan kembali budaya dan seni khas di kabupaten Siemelue.

"Ini dapat mengingatkan kembali serta memperkenalkan seni khas daerah Simeulue yang sudah lama tidak lagi ditampilkan seperti lansir madam, madidik Buai, dan seni lainnya, ini perlu dilestarikan agar diketahui oleh kalangan regenerasi, sehingga ke depan dapat ditampilkan baik dalam daerah maupun luar daerah bahkan secara nasional," harap pria yang akrab disapa Wandi Alafan ini.

Pengurus ACC dan Pihak Disbupar

Tajuk Refleksi Karya Gemilang menuju Revitalisasi Seni ini akan diselenggarakan pada Sabtu (25/11/2017) di tribun pendopo Bupati Simeulue pada pukul 20:00 wib dengan menyajikan penampilan musik,tari lokal Simeulue dan para talenta profesional di bidang musik dan sanggar seni Juang Artis Community (JAC) Bireun dan Banda Aceh.

Reporter : safdar


SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: