Tuesday, November 7, 2017

Dukung Program Ketahanan Pangan, Kopda Suhedy Putra Ikut Semai Padi

MITRAPOL.com - Sebagai bentuk dukungan langsung terhadap program ketahanan pangan pemerintah, Kopda Suhedy Putra anggota Babinsa Koramil 05/Simeulue Barat jajaran Kodim 0115/Siemelue, melaksanakan kegiatan turun langsung ke sawah bersama petani.


Tak tanggung-tanggung, dengan mengunakan seragam lengkap, Kopral Dua ini turut membantu petani menyemaikan bibit padi dan memberikan penyuluhan di Desa Lamamek Kecamatan Siemelue Barat, Senin (7/11/2017).

Menurutnya upaya yang dilakukan ini dengan tujuan memberikan dukungan dan semangat kepada petani di wilayah tugasnya tersebut.

"Di samping itu kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesejahteraan petani dalam melakukan program pemerintah tentang ketahanan pangan," ujarnya.

Dia mengatakan benih padi yang di semaikan harus selalu di ikuti perkembangannya yang sudah disiapkan adalah benih padi yang memiliki kualitas atau varietas unggul yang berlebel pertanian.

"Pada peroses persemayan tentunya para petani sudah mendapatkan penyuluh dari para perugas pertanian di lapangan, seperti aturan tentang media penyemaian padi yang harus benar benar terjaga dari hama ataupun gulma yang dapat mengganggu mendapatkan kualitas benih yang baik," imbuhnya.

Namun menurutnya sistem pengairan sawah yang belum memadai membuat masyarakat kesulitan sehingga hal ini membuat masyarakat malas turun kesawah.

"Karena masyarakat takut hasil panennya tidak sesuai dengan pengeluaran modal tanam, apa lagi untuk saat ini tidak ada lagi bantuan bibit, pupuk dan obat hama lainnya," sebutnya.

Dia juga mengajak masyarakat agar mendukung program peningkatan swasembada pangan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Mou kementeria pertanian dan panglima TNI pada tahun 2015.

"Mari sama-sama kita dukung program pemerintah ini, guna menciptakan ketahanan pangan nasional di republik Indonesia," ajaknya.

Reporter : safdar

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: