Friday, November 17, 2017

Bupati Nias Sampaikan Nota Jawaban Pandangan Umum Fraksi DPRD

MITRAPOL.com – Dalam rangka penyampaian nota jawaban/tanggapan Bupati Nias terhadap pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Nias atas nota keuangan rancangan peraturan daerah (perda) tentang APBD Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2018, acara tersebut dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Nias di Lt. II Ruang Sidang Utama Jl. Pelud Binaka Ononamolo Lot Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli Kamis, (16/11/2017).



Hadir pada acara tersebut Arosokhi Waruwu, SH. MH Wakil Bupati Nias, Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, para staf ahli Bupati Nias, para asisten lingkup sekretariat Kabupaten Nias, pimpinan lembaga, ASN, instansi dan BUMD dilingkungan Kabupaten Nias, sejumlah wartawan media cetak dan online serta sejumlah hadirin lainnya.

Drs. Sokhi’atulo Laoli, MM Bupati Nias yang diwakili Arosokhi Waruwu, SH. MH Wakil Bupati Nias disampaikan pada nota jawaban/tanggapan yang disampaikannya mengatakan bahwa sesuai dengan pemandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Nias atas nota keuangan rancangan peraturan daerah Kabupaten Nias tentang APBD TA. 2018 yang telah disampaikan pada rapat paripurna tanggal 13 November 2017 yaitu ; Fraksi Demokrat yang dibacakan Elamaisi Lafau, SH, Fraksi Golkar oleh Otoni Gea, Fraksi PDIP Rahmat Ndruru, Fraksi PKPI Badurani Waruwu, SE, Fraksi Gerinda Drs. Agustinus Waruwu dan Fraksi Kebangkitan Nasional yang dibacakan Maspena Gulo, SE.



“Jawaban/tanggapan yaitu; Penyusunan APBD Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2018, Asumsi pendapatan daerah dalam Rancangan APBD Kabupaten Nias T.A 2018, Optimalisasi sumber-asumber pendapatan daerah, pengelolaan keuangan desa, penerimaan guru bantu daerah (GBD) tahun 2018, langkah-langkah yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Nias dalam mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor, pembangunan Kantor Bupati Nias dan Kantor DPRD Kabupaten Nias, pembangunan jalan ruas Kecamatan Botomuzoi menuju KecamatanHuliserangkai, pemeliharaan jalan dari Tetehosi–Holi Ulugawo dan pekerjaan Box Culvert pada kegiatanpeningkatan ruas Holi–Fahandrona, pencarian sumber mata air baru dikelola oleh PDAM di Wilayah Kabupaten Nias, strategi Pemerintah Kabupaten Nias untuk mengurangi angka kemiskinan dan penerimaan kembali dana bergulir dan penyertaan modal,” terang Sokhi’atulo Laoli.


Dikatakannya, bahwa jawaban dan tanggapan yang telah disampaikan dapat menjadi bahan kepada Dewan yang terhormat dalam melanjutkan proses pembahasan RAPBD tentang APBD Kabupaten Nias tahun 2018, sesuai dengan tahapan jadwal pembahasan yang telah ditetapkan menjadi Perda, harap Bupati mengakhiri.

Reporter : tonazaro harefa

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: