Wednesday, November 22, 2017

Bernad Nurhadi : Upaya Kami Kedepan, Nabire Konsumsi Beras Lokal

MITRAPOL.com - Potensi lahan sawah di Kabupaten Nabire ada 15 ribu hektar dan kedepan nya bisa memenuhi kebutuhan seluruh konsumen yang ada di kabupaten Nabire. Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Nabire Bernard Nurhadi SP. M.SI, saat ditemui MITRAPOL.com, diruang kerjanya, Rabu (22/11/2017).

Bernard Nurhadi

Diruang kerjanya Bernard Nurhadi menjelaskan, bahwa sesuai catatan kami, potensi lahan sawah di Kabupaten Nabire ada 15 ribu hektar. Untuk lahan padi sawah berkisar 8 ribu hektar dan lahan padi tadah hujan ada 7 ribu hektar, jika potensi itu betul-betul di garap, kami pastikan produksi beras di Nabire sangat luar biasa.

“Dengan asumsi kami memperoleh lima ton gabah kering panen per hektar berarti perkiraannya kami bisa mendapatkan 89 ribu ton beras per tahun sesuai potensi yang ada,” jelasnya.

Masih katanya, dari 15 ribu potensi lahan yang ada, yang baru digarap ada 5 ribu hektar dan keadaan sawah di Nabire bisa menghasilkan gabah 5 ton per hektar. Dalam hal ini kami sedang mengatur sistem irigasi, sistem perbenihan dan pupuknya dan jika hal itu sudah terakomodir dengan baik, tidak mustahil bahwa kami yakin hasil 5 ton per hektar pasti tercapai.

"Adapun kendala yang kami hadapi saat ini, adalah dari sisi disiplin penebusan pupuk, sebab kuota pupuk adanya per bulan di karenakan pupuk datangnya dari pulau Jawa ke Nabire memakan waktu dua minggu,” terangnya.

Melihat kondisi petani yang ada, lanjutnya, bila disaat menanam padi baru sibuk mencari pupuk, dalam hal ini kami telah menyarankan kepada petani, agar bisa memiliki stok pupuk mandiri di tiap-tiap petani, otomatis bila hal ini di lakukan guna untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk, agar disaat waktu menanam padi pupuknya sudah siap.

Dirinya juga berharap dari petani-petani yang ada yang bukan hanya petani berasal dari non Papua, akan tetapi petani Orang Papua Asli (OAP) ikut serta dalam bertani sawah.

"Demi kelancaran para petani, dalam hal ini kami telah membentuk kerja sama, bagi yang membidangi pupuk konsen ke pupuk, yang membidangi perbenihan konsen pada perbenihan, yang membidangi irigasi konsen ke irigasi, dengan menyatukan fikiran serta misi, kami yakin dengan potensi yang ada, apa yang kami mimpikan bahwa kedepannya pasti kebutuhan beras lokal Nabire akan mencukupi ke seluruh konsumen yang ada di Kabupaten Nabire Papua, dan itu menjadi suatu harapan besar kami,” tutupnya.


Reporter : ronald karambut

Editor : andrey




SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: