Saturday, November 18, 2017

Berantas Pungli, Polres Pelabuhan Tanjung Priok Sosialisasi Tentang Saber Pungli

MITRAPOL.com - Kasat Binmas Polres Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan Sosialisasi Saber Pungli, Jumat, (17/11/2017).



Kasat Binmas Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Supriyadi bersama Kasiwas Iptu Andi Dermawan SH dan Bhabinkamtibmas Polres Pelabuhan Tanjung Priok Aiptu Agus Subekti melaksanakan kegiatan Sosialisasi Saber Pungli di Aula Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Hadir sebagai Narasumber, Kasat Binmas Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Supriyadi, Kasie Was Polres Pelabuhan Tanjung Priok Iptu Andi Dermawan SH, dan Kepala Inspektorat Pembantu Kota Jakarta Utara H. Asep Kodim SH. MM.

Acara Sosialisasi Saber Pungli ini dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta gabungan Lurah, Kasubbag, Satpol PP, dan Dishub se Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Pada kesempatan itu Kasat Binmas Polres Pelabuhan Tanjung Priok menjelaskan, sudah saatnya melakukan perubahan mental dan menghilangkan Pungli dikalangan pemerintah terhadap masyarakat sebagai objek pelaku pungli, dalam hal ini kalangan guru dengan objek siswa atau orangtua murid.



“Saber Pungli sebagai perwujudan salah satu Program pemerintah pusat Jokowi-Jusuf Kalla (Nawacita) dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih dan Hukum yang Kuat di NKRI ini,” terangnya.

Dijelaskannya, praktek pungli telah merusak sendi pemerintahan dan perlu diberantas. Saber Pungli memiliki dasar Hukum yang jelas dan tegas dan pungli termasuk tindak pidana terutama yang dilakukan dengan memaksa dan harus dihindari.

Dirinya juga memaparkan dampak negatif pungli terhadap pemerintah dan masyarakat, penjelasan tips pencegahan pungli dan visi satgas pungli untuk mewujudkan Pemerintah Daerah bebas pungli serta ketentuan hukum yang mengatur tentang jenis dan ancaman pidana pelaku pungli.

“Diharapkan peserta sosialisasi saber pungli dapat menyampaikan kepada rekan yang tidak hadir agar bisa bersama-sama melaksanakan tugas dan melayani masyarakat tanpa pungli,” tukasnya.


Acara dilanjutkan dengan Tanya Jawab peserta yang dijawab oleh narasumber. Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 wib dan berlangsung lancar tidak ada hambatan.

Reporter : sukemi



SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: