Sunday, November 5, 2017

75 Anggota PPK Dilantik Ketua KPU Kabupaten Batang

MITRAPOL.com - Sebanyak 75 anggota Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK) dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto, berlangsung di Hotel Sendang sari yang di hadiri oleh Bupati Batang H.A Wihaji, Ketua DPRD Imam Teguh Rahajo, Komandan Kodim 0736 Batang Letkol. Inf. Fajar Ali Nugraha dan Kabag Ops. Polres Batang Polda Jawa Tengah Kompol Hartono, Sabtu (4/11/2017).



Bupati Batang H. Wihaji Dalam Sambutanya mengatakan Tahun 2018 adalah tahun politik ada agenda demokrasi seperti Pilgub Pileg dan Pilpres. Pelantikan PPK menjadi tahapan Pilgub Tahun 2018 yang semoga bisa berjalan lancar.

"Pelantikan PPK menjadi tahapan Pilgub dan Hampir 80% anggota PPK orang lama yang pernah juga menjadi anggota PPK dan ada juga sebagian berprofesi sebagai guru, berarti menandakan guru memiliki integritas yang baik," kata H. Wihaji

Ia juga mengatakan bahwa PPK memiliki kewenangan dan kewajiban yang diatur dalam Undang-undang yang secara teknis melaksanakan penyelenggaraan Pilgub, sehingga harus mempunyai Integritas dan konsisten dalam mengambil keputusan sesuai dg aturan dan perundang undangan.

"Anggota PPK Harus punya integritas dalam menjalankan tugasnya dalam membangun kabupaten batang dalam berdemokrasi," jelas H. Wihaji.

Bupati juga berharap kami PPK dapat bekerja dengan baik sesuai perundang undangan dan untuk bersinergi dengan Panwas serta berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dalam menjalankan tugasnya.

"Untuk Sekretariat dan personel kami instruksikan kepada Kecamatan dan kelurahan untuk memfasilitasinya," tandas H. Wihaji.

Ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto mengatakan, pelantikan PPK merupakan tahapan Pilgub secara serentak, dan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak di bagi tiga tahap dari mulai Tahun 2015, 2017 dan 2018. Untuk Pelaksana pemungutan suara Pilgub di laksanakan pada Hari Rabu tanggal 27 Juni 2018.

"Pelantikan PPK merupakan tahapan Pilgub dan setelah anggota PPK dilantik segera melaksanakan penyusunan program dan anggaran pembentukan PPK dan PPS," kata Adi Pranoto.

Dijelaskan juga, tahapan Pilgub selain Pelantikan PPK Juga pembentukan penyelenggaraan PPS dan pemutahiran data pemilih, tahapan kampanye dan pemungutan suara. "Pelaksanaan Pilgub, KPU sudah berkoordinasi dengan Sekda dalam pelaksanaan pemilu untuk meminta personel dan tempat atau sekretariatan PPK dan PPS," jelas Adi Pranoto.


Dia juga berharap PPK dalam menjalan tugasnya harus sesuai dg undang undang dan aturan sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Reporter : irul

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: