Sunday, November 19, 2017

18 November Ditetapkan Sebagai Hari Ayah Nasional

MITRAPOL.com - Masyarakat Indonesia baru saja merayakan hari Ayah Nasional pada 18 November, sejak 11 tahun lalu tepatnya ketika pertama kali dideklarasikan oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006, Jakarta, Sabtu (18/11/2017).



Hari Ayah di Indonesia diperingati setiap 12 November, pada masa pemerintahan Presiden ke-6, penetapan Hari Ayah dideklarasikan langsung oleh Sosilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan diprakasi oleh para wanita yang bergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) menggelar deklarasi Hari Ayah (HA) di Pendopo Gede Balaikota Solo tahun 2006, 11 tahun lalu.

Penuh beragam untuk menentukan atau membuat Hari Ayah, sampai Universitas Internasional mengkaji masalah Hari Ayah seperti University Of Marylanf School Of Medicine, University Of Illinoid dan University Of Oxford, yang menyimpulkan bahwa peran seorang ayah sangat penting bahwa keterlibatan dalam pengasuhan yang sama dengan seorang ibu dapat meningkat keterampilan berbahasa pada anak yang lebih baik, mengurangi masalah perilaku, mengurangi kriminalitas, mengurangi masalah kesehatan mental dan meningkatkan kekuatan mental dan fisik untuk membuat anak menjadi prestasi di masa pendidikan, dan masih banyak lagi seorang ayah berperan penting dalam kehidupan.



Hal yang sangat menarik dari hasil kajian tersebut bahwa peran ayah tidak hanya dari orang tua kandung saja, tapi juga bisa dari ayah tiri, ayah yang mengadopsi anak dan saudara laki-laki, paman dan kakek yang ada dirumah untuk mengasuhnya.

Popularitas Hari Ayah di Indonesia masih jauh dibandingkan Hari Ibu (22 Desember), Hari Ibu sudah sangat hafal bagi anak-anak dan orang tua karena sudah ada atau ditetapkan tahun 1953 oleh Presiden RI ke - 1, Soekarno melalui Dekrit Presiden Nomor 316.

Dari tahapan dan kajian serta sejarah dari hari Ibu, maka Konsorsium Gerakan Ayah Hebat Indonesia yang beranggotakan para penggiat pengasuhan keluarga (Parenting) dengan dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta UNICEF, mengadakan kegiatan untuk memperingati Hari Ayah Nasional pada tanggal 18 November 2017 di Jakarta, yang pertama. Selamat Hari Ayah Nasional ke 1.

Reporter : sugeng



SHARE THIS
Facebook Comment

1 comment: