Sunday, October 29, 2017

Pemuda Hari Ini Adalah Pemimpin Masa Depan

MITRAPOL.com - Menurut Evi Herdhiana Kepala SMPN 2 Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan. Di era sekarang ini pemuda berada di era digital. Generasi millenia, generasi serba digital.



Hal itu dikatakan Evi di sela kegiatan Festival Literasi di hari Sumpah Pemuda yang digelar di SMPN 2 Rangkasbitung yang bertemakan bagaimana peran pemuda berkarakter positif di era digital dengan tujuan menyalurkan energi pemuda berdigital mencari informasi yang dibutuhkan.

“Suka tidak suka mau tidak mau kita berada di suasana ini. Tentu ada sisi positif dan negatif. Kegiatan Festival Literasi tersebut terdiri dari beberapa rangkaian, yakni gerakan 1000 siswa dan guru membaca,” kata Evi.

"Kegiatan ini dilakukan dengan harapan bahwa Habitual Reading (pembiasaan membaca) bisa menumbuhkan minat baca, meningkatkan keterampilan membaca, agar pengetahuan dapat dikuasai lebih baik," ujarnya.

Dijelaskan, Pembiasaan membaca buku non pelajaran 15 menit ini adalah Program GLS (Gerakan Literasi Sekolah).

Selain itu, Tim Literasi SMPN 2 Rangkasbitung juga menggelar acara lomba membuat mading antar kelas berbahan barang bekas, limbah atau alam.

"Hal ini bertujuan agar siswa mampu berfikir kritis, berkolaborasi lewat mading yang terintegrasi dengan berbagai mapel (mata pelajaran) seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya dan Kerajinan, Prakarya, IPS dan sebagainya," papar Evi.

Melalui penerapan pengetahuan, lanjutnya, siswa - siswi SMPN 2 Rangkasbitung diharapkan dapat berfikir kritis untuk membuat artikel, slogan adiwiyata, slogan literasi, gambar, puisi, dan lain-lain.

Selain itu, tim Literasi juga menggelar lomba kegiatan pojok baca yang diikuti oleh 1000 siswa dengan sangat antusias.


"Kegiatan ini berjalan atas peran serta semua guru, wali kelas dan semua warga sekolah," tukas Evi.

Reporter : aan

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: