Saturday, September 9, 2017

WWF dan Usaid Lestari Gelar Lokakarya Akhir Perencanan Koservasi Bentang Alam

MITRAPOL.com - Hasil kajian nilai konservasi tinggi di Kabupaten Mappi, dilakukan tiga belas ahli dari empat perguruan tinggi mitra Usaid Lestari sejak Juli 2016. Hasil kajian tersebut dipaparkan di hadapan pemangku kepentingan, dimana umpan balik mereka dapat menentukan wilayah berpotensi dan bagaimana mengelola nya serta terhindar dari ancaman yang ada.



Hal tersebut diterangkan Rangga, Igor dan Purwati, anggota Usaid Lestari dalam acara Lokakarya Akhir Perencanan Koservasi Bentang Alam Kabupaten Mappi.

Robertus A. Gobai, Kabid Fisik dan Pemasaran Kantor Bapeda Mappi, menanggapi dengan cermat hasil konservasi tersebut, dirinya faham benar akan petingnya peran lingkungan terhadap perkembangan SDM masyarakat dan kemajuan daerah.

“Ada tiga aspek yang perlu kita perhatikan dalam merumuskan perencanaan pembangunan, satu aspek keanekaragaman hayati, yang kedua sosial budaya masyarakat dan ketiga jasa lingkungan. Semoga nilai penting dari kawasn yang telah di tentukan ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pemerintah daerah serta investor,” ujar Robertus.

Hasil dari lokakarya, lanjutnya, ini bisa menjadi muatan dalam perumusan kebijakan rencana program (KRP), karena pada tahun 2017 ini akan mereview atau merevisi tata ruang, sesuai dengan UU No. 26 tahun 2007 tentang tataruang dan revisi ini adalah penyempurnan RTRW di kabupaten mappi.

“Semoga puncak dari hasil kajian yang di lakukan Usaid Lestari dan empat perguruan tinggi, data nya dapat menarik perhatian investor untuk menanamkan modal usaha di daerah Kabupaten Mappi, lahan seluas satu juta hektar atau hampir dari setengah luasan administratif kabupaten berdasarkan data tingkat kabupaten hingga provinsi, tercatat 12 investasi berpotensi, bebasis lahan komoditas kelapa sawit, industri kayu, tebu dan karet seluas 1.273.137,94 hektar,” paparnya.

Dia menambahkan, semoga dengan kepemimpinan Bupati yang baru, kita dapat memanfaatkan potensi-potensi daerah yang ada, karena sudah terdata secara baik.

Pantauan MITRAPOL.com pada acara lokakarya konservasi betang alam yang berlangsung dari tanggal 4-5 September 2017 di aula hotel Grand Avista, yang di hadiri oleh para pemangku kebijakan di Mappi, berlangsung kondusif dan aman.

Reporter : yanes on

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: