Saturday, September 2, 2017

Wisuda Purna Bhakti di Apresiasi Kapolres Batang dengan Unik

MITRAPOL.com - Dalam rangka memberikan penghormatan kepada anggota yang telah memasuki masa pensiun, Polres Batang Polda Jawa Tengah menggelar Wisuda Purna Bakti di halaman Mapolres Batang, Selasa (29/8/2017).


Sebanyak 26 personel purna bakti yang telah habis masa tugasnya diarak menggunakan becak hias dari depan Polres Batang menuju lapangan Dracik kampus Batang. Sebelum diarak dilakukan tradisi pedang pora sebagai tanda penghormatan kepada para personel yang selama ini telah mengabdi kepada Bangsa dan Negara yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKPB Juli Agung Pramono, S.H., S.I.K., M.Hum.

Kapolres Batang AKBP Juli agung Pramono, S.H., S.I.K., M.Hum mengatakan, bahwa upacara penghormatan kepada para pensiunan ini adalah pertama kalinya dilakukan di Polres Batang.

"Tradisi purna bakti dengan diarak becak hias baru pertama kali digelar Polres Batang dan kedepan tradisi ini akan terus kami pertahankan dan kami tingkatkan,” kata Kapolres AKPB Juli Agung Pramono.

Setelah acara pelepasan purna bakti, menurut AKBP Juli Agung Pramono juga mengatakan, para purnawirawan yang telah mengabdi puluhan tahun tersebut sengaja di arak agar memberikan kesan kepada mereka. Sengaja menggunakan becak karena kendaraan tersebut dinilai sebagai kendaraan yang memiliki kearifan lokal.

"Kegiatan tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada para personel agar berkesan ketika mengakhiri masa dinas. Selain diarak para wisudawan purna bakti tersebut diberi medali dan sertifikat serta cindera mata,” tutur Kapolres.

Para lulusan diploma dan sarjana saja mendapatkan medali masak para purna bakti yang rata–rata sudah mengabdi selama 30 tahunan tentu harus kita apresiasi lebih baik, secara tertulis mereka memang telah berakhir masa jabatannya tetapi pengabdinanya kepada Bangsa Negara dan masyarakat belumlah berakhir.

"Mereka akan melanjutkan pengabdian ke dalam wadah persatuan purnawirawan Polri yang telah ada sejak 18 tahun lalu yang menjunjung tinggi slogan bertekad tetap setia yang memiliki arti memberikan pelayanan kepada masyarakat bangsa dan negara sesuai dengan kiprah dan kemampuan masing-masing seperti bidang pertanian, peternakan, dan kewirausahaan. Dua tahun sebelum purna mereka juga diberikan bekal pelatihan. Saya berpesan kepada para purnawirawan agar tetap eksis dan terus berkiprah di bidang yang diminati,” pungkasnya.

Cara unik Kapolres Batang beserta jajaran menganyuh becak dan mengiringi dengan sepeda mampu menarik ratusan warga untuk menyaksikan disepanjang jalan yang dilalui.


Nampak Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Batang Puspita Juli Agung Pramono dan Wakapolres Batang Kompol Hendri Yulianto beserta istri mengayuh sepeda, kemudian Kapolres Batang juga berkenan mengiringi purna bakti dengan bersepeda hingga lapangan Dracik Kampus.

Reporter : irul

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: