Friday, September 8, 2017

Pembentukan Ekosistem Kreatif Seni Pahat Nias

MITRAPOL.com – Kegiatan workshop pembentukan ekosistem kreatif seni Pahat Nias yang dilaksanakan di Miga Beach Jl. Diponegoro Gunungsitoli merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah melalui kerja sama antara Pemerintah Pusat Badan Ekonomi Kreatif RI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias dan Kota Gunungsitoli, Selasa (05/09/2017).



“Penyelenggaraan kegiatan workshop dan pembentukan ekosistem kota/kabupaten kreatif Seni Pahat Nias merupakan karya khusus dalam mengangkat kembali seni ukir kayu berbasis ornament Nias yang memiliki nilai dan makna sosial, ekonomi dan budaya yang tinggi,” Papar Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu SH, MH.

Pelatihan yang telah diikuti dengan ilmu dan keterampilan dibawah asuhan instruktur handal sangat berkontribusi mentransfer dan menghidupkan kembali Seni Pahat Nias bagi generasi muda, sehingga diharapkan akan muncul pemahat berbakat dalam menciptakan lapangan kerja alternatif dengan hasil karya seni pahat/seni ukir yang indah bernilai ekonomi tinggi.

Kegiatan ini jangan berhenti sampai disini saja tetapi teruslah berlatih dan berkarya guna menghasilkan karya seni yang lebih berkualitas sehingga memiliki daya saing serta pasar yang luas, kiranya hasil karya yang telah diciptakan dapat bermanfaat terutama untuk pribadi, keluarga dan masyarakat disekeliling kita, terlebih dapat bermanfaat dan berkontribusi dalam mendukung, memajukan kepariwisataan di Kabupaten Nias, Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias tercinta ini, harap Arosokhi Waruwu, SH.MH.

Saksikan Videonya Disini

Atas nama Pemerintah Kabupaten Nias bersama Kota Gunungstoli, mengucapkan terimakasih kepada pihak penyelenggara dalam hal ini Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif RI yang telah memberikan perhatian khusus didaerah kami hingga kegiatan ini berlangsung dengan baik lancar dan bermanfaat, terlebih kegiatan ini dirangkaikan dengan pelaksanaan workshop “Learn-x” dalam bentuk talk show oleh net tv Jakarta, tentu saja sangat memiliki nilai tambah yang tinggi mengingat akan membantu promosi dan publikasi tentang potensi daerah Nias termasuk promosi seni pahat berornament Nias hasil karya peserta selama pelatihan.

“Kepada tim pelatih, instruktur dan pendamping juga tidak lupa kami titipkan pesan agar kegiatan ini tidak berhenti sampai disini tetapi dapat diteruskan dengan tetap memberikan tambahan keahlian melalui pendampingan bagi para peserta dilain kesempatan, terutama membantu dalam promosi dan pemasaran hasil karya yang dibuat dan diciptakan pemahat muda dimasa yang akan datang,” tandas Wakil Bupati Nias.


Hadir pada kegiatan workshop Arosokhi Waruwu, SH. MH Wakil Bupati, Kirno Desaind Product, Ir. Lakhomizaro Zebua Walikota Gunungsitoli, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias, Bagian Humas, para Mahasiswa IKIP Gunungsitoli, BNI, Tim Net TV dari Jakarta, intruktur pendamping, peserta workshop pembentukan ekosistem Kota/Kabupaten Kreatif Seni Pahat Nias, sejumlah wartawan media cetak dan Online serta hadirin lainnya.


Reporter : tonazaro harefa

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: