Tuesday, September 26, 2017

Peluncuran Aplikasi “Si Restu” di HUT ke 62 Lalulintas

MITRAPOL.com - Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono, S.H., S.I.K., M.Hum hadir dalam acara Launching aplikasi Si Restu (Sistem Reaksi cepat Terpadu) tepat di Hari Ulang Tahun Polantas yang ke 62 yang berlangsung di Batang Dolphin Center Pantai Sigandu Kabupaten Batang Jawa Tengah, Jum'at (22/9/2017).



Kapolres Batang AKBP Juli agung Pramono mengatakan, semangat Satlantas Polres Batang untuk melayani masyarakat melalui aplikasi Si Restu ( Sistem Reaksi cepat Terpadu ) memang patut diapresiasi. Dengan aplikasi tersebut masyarakat dapat mengetahui, melaporkan dan meminta bantuan pada saat keadaan kegawat darurat atau emergency.

"Kami Polres Batang hari ini meluncurkan aplikasi Si Restu yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat berbasis teknologi. sehingga mendekatkan Polantas dengan masyarakat Batang, lebih luas lagi untuk warga Jawa Tengah bahkan Indonesia," AKBP Juli Agung Pramono.

Menurut Kapolres, aplikasi keselamatan lalu lintas si Restu baru pertama di Kabupaten Batang yang meluncurkan, dengan memiliki sembilan fitur yang dapat diakses dari handphone, smartphone dan gadget lainnya.

"Jika Bapak Kapolda berkenan melalui Dirlantas dapat diadopsi atau menjadi pilot proyek percontohan bagi Daerah lain di Jawa Tengah, ini bukan semata karena keselamatan lalu lintas tetapi karena niat kami ingin berkontribusi bagi pelayanan terbaik terutama ke masyarakat Batang," jelas AKBP Juli.

AKBP Juli juga menyampaikan, Si Restu memiliki sembilan fitur yaitu fitur informasi kecelakaan berkaitan dengan laporan kecelakaan lalu lintas, fitur kemacetan berisi kondisi terkini arus lalu lintas, fitur ini dinilai penting karena pantura Batang adalah Kabupaten yang memiliki jalan terpanjang dengan jarak 54,5 km dipesisir utara Jawa Tengah.

"Kemudian fitur Kehajatan untuk melaporkan tindak kejahatan, fitur Medis berfungsi jika dibutuhkan petugas Medis ke lokasi kejadian. Fitur donor darah berupa informasi terkait stok darah ketika dibutuhkan, fitur bengkel berisi informasi lokasi bengkel. Ftur bencana alam untuk melaporkan kejadian bencana. Fitur Kebakaran digunakan untuk melaporkan kejadian kebakaran.

"Terakhir fitur layanan pengaduan lain, dengan layanan ini masyarakat dapat mengadukan mengenai lalu lintas, fitur ini dapat digunakan untuk warga net yang ingin mengetahui sejauh mana penanganan Laka Lantas di Kabupaten Batang dapat diketahui secara transparan oleh masyarakat," ungkap AKBP Juli.

"Harapan nya dengan aplikasi si Restu dapat memberikan kontribusi positif dan luar biasa bagi masyarakat. Agar memperoleh informasi-informasi dalam satu genggaman smartphone. "Saya berharap masyarakat Batang untuk segera mengunduh aplikasi si Restu di smartphone masing-masing agar manfaat aplikasi ini dapat benar-benar dirasakan," pungkasnya.

Sementara Kasatlantas Batang AKP M Adiel Aristo mengatakan, dengan sekali klik masyarakat dapat terhubung dengan pihak pelayanan penanggulangan emergency. Segera download aplikasi si Restu kemudian daftarkan diri dengan mencantumkan identitas pribadi seperti no identitas, alamat dan no handphone.


Setelah mendaftar akan muncul menu laporan sembilan fitur tersebut. Jika ada pengaduan maka dengan sigap petugas akan datang ke lokasi kejadian, slalu gunakan aplikasi si Restu demi kenyamanan dan keamanan berlalulintas," pungkasnya.

Reporter : irul

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: