Saturday, September 2, 2017

Jembatan Cinta Menjadi Ikon Wisata di Pulau Tidung

MITRAPOL.com – Pulau Tidung adalah salah satu tempat atau pulau paling terkenal di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini menjadi idola para wisatawan lokal dan bahkan sekarang sudah merambah ke mancanegara dengan pesona laut biru serta terumbu karang dan ikan hias yang cantik, pesona yang ditawarkan untuk memanjakan mata dan hati merupakan salah satu ikon dari beberapa pulau lainnya.

Jembatan Cinta

Pulau Tidung yang terdiri dua bagian yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dimana kedua bagian tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan panjang yang oleh masyarakat setempat dinamakan “Jembatan Cinta” yang berada di Kelurahan Pulau Tidung Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepuluan Seribu, Jakarta.

Konon menurut cerita atau mitos warga setempat dan para wisatawan kenapa jembatan ini di berikan nama jembatan cinta. Karena jembatan ini menjadi penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Dan konon dulu semenjak didirikan Jembatan Cinta ini yang melintasi atau yang melewatinya kebanyakan dua hati sejoli, jika ada pasangan yang menyeberangi jembatan cinta tersebut dari arah mana pun baik dari pulau tidung kecil, ke pulau tidung besar atau sebaliknya, dari pulau tidung besar menuju pulau tidung kecil cintanya akan abadi hingga kakek nenek menurut mitosnya.

Ada juga yang mengatakan mengenai mitos yang lain yaitu ketika seseorang melompat ke laut dari Jembatan Cinta maka orang tersebut akan segera mendapatkan jodoh dengan cepat atau dengan mudah bisa menemukan pasangan setelah melakukan lompatan tersebut. Percaya atau tidak itulah legenda serta mitos yang beredar di masyarakat dan para wisatawan.

Menurut Wisatawan asal Jakarta Iniah Sandari kepada MITRAPOL.com, Jumat (1/9/2017) mengatakan, itulah alasan saya memilih Pulau Tidung, karena ada Jembatan Cinta yang menjadi ikon disini.

“Wisata Pulau Seribu yang pertama aku tuju adalah Pulau Ttidung. Karena Jembatan Cinta itu yang buat aku penasaran percaya gak percaya sih, tapi penasaran aja dengan pesona Jembatan Cinta,” tandas Iniah.

Kali aja, lanjutnya, dengan saya melintasi Jembatan Cinta itu bisa dapat jodoh lebih cepat, candanya sambil tersipu malu.

Jembatan Cinta merupakan penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil ini dibangun dari tahun 2005 dengan papan kayu kemudian seiring waktu berjalan menambahnya wisatawan mengalami renovasi dengan penopang yang di buat dari beton sehingga mampu menahan beban wisatawan yang melewatinya.

Pulau Tidung sendiri paling sering digunakan oleh beberapa agen travel untuk destinasi wisatanya. Jarak tempuh Pulau Tidung ini sekitar 3 jam dari Dermaga Muara Angke dengan luas wilayah 109 Ha serta jumlah penduduk sebanyak 5000 jiwa lebih dengan kepadatan 50 jiwa/km.

Reporter : sukemi

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: