Friday, September 8, 2017

Jamaah Klenteng Vihara Istana Avalokitisvara Gelar Upacara Rampas

MITRAPOL.com - Jamaah Kleteng Vihara Istana Avalokitisvara menggelar upacara rampas atau upacara sembayang untuk arwah para leluhur dimana dalam upacara ini sudah dilakukan turun temurun dan tiap tahun selama 15 hari.



Upacara ini dilakukan setiap bulan yang jatuh pada hari ini, dan malam ini adalah puncaknya yang digelar di Jalan Diponegoro Kecamatan Wajo, Makassar, depan Klenteng Vihara, Selasa malam (05/09/2017).

Hasil pantauan MITRAPOL.com, sebelum acara rampas dimulai para jamaah yang melakukan ritual upacara ini mengelilingi jalan sambil mengarak keliling jalanan dan membawa kembali ketempatnya bertujuan mengarak para arwah leluhur yang telah mati.

Ketua spiritual Vihara Felix Simon saat diwawancara ditempat, mengatakan bahwa upacara Bai Ching Ho ini yakni penghormatan kepada para leluhur yang telah meninggal dunia.

Saksikan Videonya Disini

“Selain kita doakan arwah nenek moyang kami sendiri kami juga doakan arwah selain dari arwah yang tidak didoakan orang lain yaitu arwah para pahlawan yang gugur dimedan perang dan para arwah yang mati gentayangan yang mati tidak wajar,” terangnya.

Kepada awak media makna dari upacara ini sembahyang upacara bakti kepada leluhur, penghormatan kepada makhluk yang tidak didoakan adalah makna rampas, yang sudah lama dilakukan dari turun temurun dan dilakukan tiap setahun sekali.

“Bulan Imlek bulan ketujuh tanggal 15 yang pada hari ini puncaknya, dan dilaksanakan selama 15 hari berturut-turut bulan 7 tanggal 1 sampai 15,” papar Felix Simon.


Ditambahkan Felix, selain upacara leluhur kami juga doakan semoga kedepannya kota Makassar ini jauh lebih baik dan aman tanpa ada gangguan dari luar atau pun pihak dari manapun. “Dan mengharapkan kepada pemerintah setempat dan khalayak ramai agar supaya mereka menghargai dan menghormati upacara kami ini karena ini upacara ini sudah dilakukan secara turun temurun dan acara ini dikawal serta dijaga oleh personel kepolisian dari Polres Pelabuhan Makassar dan Polsek Wajo,” pungkas Felix.

Reporter : mir

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: