Sunday, September 17, 2017

GERINDRA Maluku Tenggara dan Kota Tual Gelar Fit and Propertest

MITRAPOL.com - Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual menggelar Fit and Propertest Balon Kepala Daerah dan Balon Wakin Kepala Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual berlangsung di Ballroom Grand Villia Langgur, 15 – 16 September 2017.



Pelaksanaan Fit and Propertest ini dihadiri 3 panelis dari Kota Ambon masing-masing Prof. Dr. Simon Nirahua, SH MH, MHum Dosen Fakultas Hukum Unpatti Ambon, Prof. Ir. Yusuf Leiwakabessy Dosen Fakultas Perikanan Unpatti Ambon dan Dr. Abidin Wakano Dosen IAIN Ambon juga sebagai Ketua MUI Provinsi Maluku dan dihadiri pula Sekretaris DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) Provinsi Maluku serta Saodah Tuanakota/Tethol Koordinator Daerah Partai Gerindra Maluku Tenggara dan Kota Tual berlangsung alot.

Acara Pembukaan pelaksanaan Fit and Propertest ini dibuka resmi Djumina Ratna Djuwita, SH Sekretaris DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) Provinsi Maluku setelah menyampaikan sambutan dan arahannya pada Hari Jumat 15 September 2017 pukul 15.00 dilanjutkan dengan pelaksanaan Fit and Propertest kepada Balon Kepala Daerah dan Balon Wakil Kepala Daerah Kota Tual, sedangkan Balon Kepala Daerah dan Balon Wakil Kepala Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dijadwalkan Sabtu 16 September 2017 ditempat yang sama.

Disela-sela pelaksanaannya pada hari Sabtu 16 September 2017 usai giliran Petrus Ohoitimur SH, MH sekaligus dimintakan komentarnya terkait visi misi yang telah dipaparkan dihadapan Panelis.

Ohoitimur mengatakan bahwa ketika dirinya terpilih sebagai Bupati Maluku Tenggara periode 2018-2023 menegaskan bahwa yang paling utama adalah penataan kembali tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa berdasarkan regulasi pemerintah disamping tidak mengabaikan kultur dan budaya kearifan lokal.

“Dimana Hukum Adat Larvul Ngabal yang dijadikan sebagai lambang Daerah perlu dihayati setiap penyelenggara Pemerintahan agar dapat mengamalkannya dalam pelaksanaan tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil maupun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN),” paparnya

Dan apabila saya dipercayakan, katanya, dan dipilih menjadi Kepala Daerah nanti, maka Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah akan menjadi contoh dalam mengamalkan Hukum Adat Larvul Ngabal sebagai contoh kepada semua aparat pelaksana pemerintahan dari Daerah hingga sampai di Ohoi Ohoi se Kabupaten Maluku Tenggara tanpa kecuali, tegas Ohoitimur.

Ditempat terpisah Djumina Ratna Djuwita, SH ketika ditanya tentang koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Partai GERINDRA itu merupakan harga mati ?.

Dirinya mengatakan bahwa itu kewenangan Pimpinan Pusat Partai sedangkan kami hanya mengikutinya karena kewenangan bukan ada pada DPD Partai GERINDRA di Provinsi, tegas Djumina.

Prof. Dr. Simon Nirahua, SH MH M.Hum ketika dimintakan komentarnya sebagai Panelis mengatakan bahwa rata-rata para Kandidat lebih cenderung menggunakan Larvul Ngabal sebagai acuhan untuk penataan birokrasi dari Daerah hingga ke pemerintahan Ohoi.

Saksikan Videonya Disini

“Sedangkan terkait penilaian terhadap setiap pemaparan visi dan misi. Nilai itu abstrak dan mereka lebih berpihak kepada masyarakat yang dominannya faktor kesehatan dan pendidikan karena termasuk kebutuhan dasar seperti kesehatan sedangkan menyangkut pendidikan masih lemah dibidang pengawasan terlebih di tingkat Kecamatan yaitu Pengawas Kecamatan maupun di Dinas Pendidikan sendiri, sehingga perhatian khusus diarahkan kepada sistim pengawasan di setiap tingkat pendidikan,” tandas Prof. Dr. Simon.

Sementara Kandidat Drs. Hi. Taher Hanubun mengatakan rasa kecintaannya kepada masyarakat Maluku Tenggara sangat-sangat tinggi dikarenakan tingkat kemiskinan semakin naik sementara Dana yang dikelola Pemerintah Daerah terbanyak keluar Daerah menyebabkan tingkat pendapatan perkapita sungguh tidak memadai sehingga angka kemiskinan semakin tinggi.

Taher menegaskan bahwa apabila rakyat percaya dan memilihnya menjadi kepala Daerah nanti, dirinya akan menata pemerintahan ini secara baik dengan melibatkan semua komponen masyarakat agar dapat terbentuk tata kelolah pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

“Dan bukan saya ambil komunitas saya, kelompok saya, bahkan keluarga saya itu hal yang mustahil dan menghancurkan teristimewa para investor yang ingin masuk ke Maluku Tenggara. Kita akan tanya apa yang akan kau berikan kepada Maluku Tenggara dihadapan kita semua agar dapat menghidupkan masyarakat Maluku Tenggara,” tegas Taher.

Usai Kandidat terakhir Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si pada giliran Fit and Propertest maka Drs. Hi. Taher Hanubun langsung mengundangnya untuk makan bersama di restoran Grand Vilia dan mereka berjabat tangan bersama antara Drs. Hi. Taher Hanubun dan Ir. Petrus Beruatwarin disertai Saodah Tuanakotta/Tethol disaksikan Ketua dan Pengurus DPD KNPI Maluku Tenggara serta ratusan pendukung yang hadir saat itu.

Saodah Tuanakotta Tethol mengatakan inilah contoh pendidikan politik yang baik, jangan kita berkelahi dan sebagainya, “melainkan marilah bersama mendayung bahtera demokrasi ini dengn baik dan jujur menuju Maluku Tenggara yang lebih baik,” pungkas Saodah.

Reporter : norsafsaf

SHARE THIS
Facebook Comment

0 komentar: